Pesona Curug Panjang, Megamendung Bogor.

Curug Panjang, Megamendung BogorDi Bogor arah puncak banyak sekali Curug yang bertebaran dikaki gunung Gede  atau  perbukitan-perbukitan kecil. Diantara banyaknya curug itu ada Curug Panjang yang ada di lereng Gunung Paseban, Desa Citaming-Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Oia Curug itu artinya air terjun atau kalau di Jawa Timur seperti Cobanrondo, Coban talun, Kake Bodho, Pacet, Dlundung, dll.

foto di curug panjang megamendung bogorMerujuk sites gogle Curug Panjang terletak 1000m dpl. Dan berjarak 8km dari jalan raya Puncak dimana akses masuknya melalui pertigaan Masjid Nurul Huda atau jalan kea rah Pusdik Reskrim Polri Megamendung. Yang bisa ditempuh dengan ojek atau angkutan ‘odong-odong’. Untuk odong-odong ini mestinya disewa dengan kapasitas penumpang 6 atau 7 orang. Odong-odong merupakan sebutan mobil carry dan sejenisnya yang digunakan untuk angkutan umum.

curug panjang bogorNah hari sabtu(22/6) KHS bersama kawan berkesempatan mengunjung Curug Panjang ini setelah lebih sebulan diklat di Pusdik Reskrim Megamendung. Jaraknya sekitar 3 km dari pusdik reskrim, awalnya kami berencana jalan kaki saja namun mempertimbangkan jarak yang cukup jauh dan menanjak serta berkelok maka niat itu kami urungkan. Akhirnya kami menyewa motor untuk kesananya sekitar jam 08.00 WIB.

arah curug panjangSelama perjalanan kita akan disuguhi keindahan panorama langit pegunungan dari sisi timur ada Gunung Gedhe Pangrango dan sebelah barat ada Gunung Salak. Jalanan berkelok menukik yang mesti berhati-hati karena jalan berupa macadam dan tidak sedikit yang tergerus air hujan.  Jujur tidak ada papan penunjuk pasti menuju Curug Panjang ini sehingga kami lebih dari 3 kali turun untuk bertanya kepada penduduk sekitar.  Sayang sekali…

mandi didekat curug panjangMenuju Curug Panjang ini kita akan berhadapan dengan papan penunjuk yang memberitahukan apakah kita mau ke Curug Panjang atau Curug Naga ketika dijalan bercabang. Berhubung KHS mau ke CUrug Panjang saja maka kami tetap lurus. Dan cukup 15 menit saja perjalanan dari Pusdik Reskrim sampai dilokasi curug panjang. Dari kejauhan tampak gapura dari bamboo yang menyambut kedatangan kami dan tentu pula petugas  tiket dengan karcis Rp. 10.000 per /orang.

Dari pos tiket ini kita masih harus berjalana sekitar 200 meter dimana kita melewati jalan setapak dan jembatan diatas air terjun. Dari radius 100 meter sudah terdengar gemrujug-nya air terjun curug panjang ini tetapi harus melewati jalur melingkar dahulu sebelum sampai di dasar air terjun. Sabtu ini kondisi pengunjung lagi sepi hanya tampak 1 atau 2 orang saja. Bersama teman langsung aja buka baju dan mandi disekitaran air terjun yang cukup deras ini serta airnya alaminya sangat jernih khas pegunungan.

bertapa di curug panjangCurug Panjang ini tidak berbentuk vertikal murni tetapi berbentuk kelokan-kelokan yang indah nian dari atas. Sesampai dibawah kita akan disambut dengan batu-batuan cadas yang tertata tak beraturan tetapi membawa kesan alami tersendiri. Meskipun debit airnya tidak begitu seberapa tetapi arusnya sangat deras. Persis didepan curug terdapat kolam alami sedalam 7 m (kata petugas tiket) meskipun KHS bisa renang tetapi ane urungkan mendekat karena arusnya yang sangat deras. SAFETY FIRST begitu spanduk yang tertera didekatnya.

Airnya sangat dingin sekali masbrow dan mbaksis sehingga KHS hanya bertahan sekitar 30 menit saja dan setelah itu langsung mentas. Untung disekitar itu ada tukang bakso yang lumayanlah buat anget-angetan badan yang menggigil ini. Menurut tukang bakso ini biasanya pengunjung ramai ketika hari minggu dan ramai juga ketika dahulu kawasan wisata ini dikelola pihak swasta. Namun sekarang katanya sepi tiap harinya.

akses menuju curug panjangSelain air terjun ternyata disekitar curug panjang ada wahana camping ground, area outbond, track mountain bike. Disekitar juga terdapat warung-warung kecil untuk beli makanan atau camilan. Curug panjang ini sebenarnya potensi wisata yang sangat bagus namun sepertinya perhatian pemerintah setempat kurang. Akses jalan yang kurang mendukung, papan penunjuk seadanya serta wahana-wahana lain yang dahulu ada tetapi sekarang sudah hilang. Menyedihkan. Bagi masbrow yang berminat bisa disetting Peta dan Koordinat GPS: 6° 38′ 46.54″ S  106° 56′ 42.02″ E . Capcus…

Maturnuwun.

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »