Mentjoba-tjoba Soto Jakarta (Betawi)

18052013(103)

Jakarta punya soto ? awalnya KHS tidak mengira kalau ternyata di Jakarta ada soto khasnya yakni Soto Betawi. Maklum selama ini KHS kalau di Jawa Timur lebih familiar dengan Soto Lamongan atau Soto Madura. Atau kalau dari Makasar terkenal dengan coto makasarnya. Nah ketika city ride di jekardah kemarin KHS diajak om Dono Domo dan om Rangs untuk mencicipi alias mentjoba soto Jakarta ini.

18052013(098)Mengutip food.detik.com (10/30/12) , Soto Betawi merupakan olahan daging dan jeroan sapi yang disiram dengan kuah gurih hangat. Kuahnya dibuat dari air kaldu yang berpadu dengan aneka rempah seperti bawang merah dan putih, jahe, daun salam, serai dan cengkeh. Kemudian ditambahkan dengan santan, dan ataupun susu sapi yang membuatnya terasa gurih di lidah. Ada juga yang menambahkan minyak samin agar rasanya lebih enak.

Letak warung yang kami sambangi ada disekitaran Taman Ayodia, jalan Mahakam Jakarta . Nama warungnya Soto Jakarta Bang Madun.  Tidak terlihat antrian sehingga kami langsung dilayani oleh penjualnya. Tidak menunggu lama kami sudah disuguhi satu porsi mangkok soto dan sepiring nasi yang ditaburi bawang goreng.  Wuih sedapnya bau…. . Oia sebelum pesan kita ditawari mau menu seperti apa yakni sesuai jeroan yang ada seperti usus, babat dan paru. Atau kita memilih menu soto campur saja 😀

18052013(100)Selain santan didalamnya terkandung  potongan daging dan jeroan seperti usus, babat dan paru.  Selain itu juga ada emping mlinjonya.  Awalnya KHS merasa asing kok  soto ada empingnya tetapi ternyata itulah salah satu kekhasan soto ini dibandingkan dengan soto-soto dari daerah lain.  Menurut KHS yang buta lidah ini rasanya enaklah yang dipadu dengan santan yang kental serta bau yang menggoda.  Daging dan jeroannya terasa lembut sehingga mudah untuk disantap langsung.  Waw….lazissss….. Bertemankan dengan perkedel dan sebotol air putih soto Jakarta ini sudah KHS lahap dalam waktu yang tidak begitu lama… :mrgreen: .

18052013(101)Demikian kawan pengalaman nubi mentjoba-tjoba Soto Jakarta khas Betawi ini. Oia Soto Betawi ini NOT RECOMMENDED bagi penderita kolesterol akut karena memang kandungan soto ini banyak jeroannya.  Hal ini dibuktikan dengan KHS sendiri yang mak thengg alias tengkuk terasa kaku  beberapa saat setelah menyantabz kuliner berkuah ini. 😆

Maturnuwun.

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

10 Comments

Monggo dikomeng gans..