Mencicipi Sate Padang

sate padang dekat univ. sahid

Merujuk Wikipedia  Sate Padang itu dibedakan 3 varian sebagaimana daerah asal mereka di Sumatra Barat yakni Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman sendiri.  Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan)dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.

sate padang pariamanNah kemarin ketika KHS ke Jakarta bareng om roy (boncenger lho…) dan juga om wakwaw sempat mencicipi sate asal Padang ini sebelum bertolak ke kopdar PRIDES Chapter Jakarta.  Kalau melihat spanduk di warungnya terpampang SATE PADANG PARIAMAN masakan H.MAWARDI tetapi kalau mengacu definisi di Wikipedia diatas gak tahu ini Sate yang jenis yang mana…hehehe. Yang jelas dapat 8 tusuk sate, plus kuah warna kuning dan ketupat.

mencoba sate padangMenurut KHS yang buta lidah ini sate padang pariaman ini rasa dagingnya empuk, kuahnya terasa manis serta ketupatnya yang lembut kenyal-kenyal dikit.  Kuahnya inilah menurut KHS yang membedakan dengan sate-sate pada umumnya yakni memakai ‘kuah’ atau bumbu dari kacang. Kuahnya disini agak padat seperti bubur namun tidak terlalu kasar. Yupz…lazis…

sate padang di jakartaWarung sate padang pariaman ini ada disekitar jalan raya Universitas Sahid, ane gak tahu nama jalannya. Terlihat cukup ramai juga pelangganya warung yang tepat dipinggir jalan raya ini. Meskipun kategori PKL tetapi rasanya cukup memuaskan terutama bagi KHS yang baru pertamax mentjoba kuliner asal Sumatra Barat. Terkait harganya seporsi mungkin sekitar 10ribu – 15 ribuan soalnya KHS dijamu oleh om Roy…hehehehe (maturnuwun). Mungkin ada kawan yang pernah merasakannya, bisa dishare dimari.

Maturnuwun.

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

7 Comments

Monggo dikomeng gans..