Megamendung I : Dinginnya pelukan kaki Gunung Gede, Bogor.

Pusdik Reskrim Megamendung Cipayung BogorPostingan ini merupakan catatan bagi KHS yang mengikuti Diklat Penyidik PNS penegak Peraturan Daerah di PusDik Reskrim POLRI.  Diklat ini dilaksanakan selama 45 hari terhitung mulai tanggal 14 Mei 2013 berakhir hingga tanggal 27 Juni 2013.  KHS bersama rombongan Surabaya datang kesini secara bersama-sama naik Kereta Api turun di Stasiun Gambir Jakarta dan dilanjutkan ke lokasi naik bus Big Bird (postingan kemarin). Malam itu KHS bersama rombongan langsung dipeluk hawa dingin kaki Gunung Gede yang merasuk hingga tulang…xixixi (sok lebay).

pusdik reskrim diklat ppnsDesa Megamendung, Kecamatan Cipayung, Kabupaten Bogor dimana Pusat Pendidikan Reserse Kriminal  berada merupakan dataran tinggi atau semacam perbukitan seperti di Batu, Malang. Pusdik Reskrim bisa ditempuh dengan ojek maupun odongodong (mobil carry yang dijadikan angkutan) dari jalur utama jalan Cisarua-Puncak kurang lebih sekitar 3 km. Disekitaran Megamendung ini banyak sekali vila-vila baik milik pribadi maupun perusahaan atau lembaga pemerintahan.

Hari pertamax  (13/5) disini KHS harus menyesuaikan diri dengan dinginnya keadaan baik siang maupun malam. Awalnya tidak berani mandi namun demi kebersihan badan maka ane paksakan juga untuk mandi. Berrrrrrrrrrr……duingin puol meskipun awalnya menggigil tetapi hari-hari selanjutnya badan sudah bisa menyesuaikan. Berhubung ini pendidikan maka kedisiplinan sangat ditekankan baik dari sisi waktu maupun penampilan dan kebersihan tempat tinggal.

diklat ppns megamendungHari kedua (14/5) terdapat seremoni upacara pembukaan diklat. Ternyata terdapat banyak instansi dan daerah lain yang mengikuti diklat PPNS ini selain dari kepolisian sendiri. Seinget KHS terdapat daerah-daerah lain di Indonesia dibawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri, Bea Cukai dibawah Kementerian Keuangan dan Badan Perdagangan Berjangka Komoditi dibawah Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.  Setelah itu terdapat Jam Pimpinan yang diberikan langsung oleh Kepala Pusdik Reskrim Polri yakni Kombes Pol Drs. Budi Susilo,MH untuk memberikan wawasan terkait penyidik PNS. Sore harinya dilanjut dengan tes kesehatan baik tekanan darah maupun tes urine di klinik di lingkungan pusdik sendiri.

Hari ketiga (15/15) diberikan materi Perdupsis (peraturan kehidupan siswa) semacam pengetahuan dan tata tertib berkehidupan di lingkungan lembaga pendidikan bagi siswa.  Selanjutnya tes pengetahuan awal dan materi pola pengajaran yang menjelaskan apa yang dikuliahkan selama 45 hari tersebut. Mata pelajaran yang akan disampaikan selama diklat 300 Jam Pelajaran (JP) ini meliputi :

  1. Pengantar (Jam Pimpinan, Perdupsis, Pola Kurikulum, Tes Kesehatan, Tes Pengetahuan Awal, Pengenalan Lingkungan)
  2. Dasar Umum (Bela diri)
  3. Utama  (Hukum dan Perundang-undangan, Teknik dan taktik penyidikan, UU dan Peraturan terkait yang menjadi dasar hukum ppns perda dan Tindak pidana ringan)
  4. Pelengkap (Kode Etik, Kriminalistik, Orientasi Kegiatan CJS)
  5. Pembulatan (Latihan Aplikasi, Ceramah)
  6. Lain-lain (upacara)

masjid attaubah pusdik reskrim megamendungSedangkan jadwal kegiatan rutin siswa setiap hari kerja (Senin-Jum’at ) sebagai berikut kangmas dan mbakyu :

No

Kegiatan

Pukul

1 Bangun pagi 04.30
2 Olah raga pagi 05.00
3 Makan pagi / sarapan 06.30
4 Apel pagi 07.00 – 07.50
5 Belajar di kelas 08.00 – 12.50
6 Istirahat (makan siang) 13.00 – 13.45
7 Belajar di kelas 14.00 – 17.10
8 Makan malam 18.30
9 Apel malam 21.00

Namun ada hari tertentu dengan jadwal tertentu misalnya setiap hari rabu terdapat Upacara kesenatan, hari Kamis jadwalnya penilaian kerapian dan kebersihan asrama sedangkan hari Jum’at terdapat pemeriksaan kerapian penampilan baik rambut maupun kumisnya..hehehe.  Untuk menghindari kebosanan dengan rutinitas harian maka ada Ijin Pesiar setiap hari Rabu antara jam 16.00 – 21.45 WIB. Sedangkan Sabtu-Minggu terdapat Ijin Bermalam di Luar (IBL) yang dimulai jum’at sore hingga minggu malam yang harus masuk asrama paling telat jam 21.45 WIB karena jam 22.00 WIB tepat terdapat Apel malam.

aktivitas diklat ppns pusdik reskrimSebelumnya bayangan ane dalam pendidikan ini akan banyak kegiatan fisik layaknya kemiliteran namun yang KHS rasakan ternyata tidak ada. Hanya ada praktik baris berbaris baik berangkat maupun pulang kuliah sebagaimana dulu ketika diklat prajab CPNS. Sedangkan olah raga pun tidak ada lari-lari yang ada hanya jalan kaki biasa disekitar komplek Megamendung yang naik turun ini. Memang kawan menurut Pembina disini sejak tahun 2009 kegiatan kemiliteran atau fisik ditiadakan karena memang sudah tidak jamannya bagi diklat PPNS.

Demikian kawan gambaran sekilas rutinitas diklat PPNS ini. Mohon maap tidak semua komeng yang masuk bisa KHS jawab secara langsung maupun satu persatu karena terkendala fisik yang lelah dan jaringan internet yang setingkat dewa siput alias luemottz bangets…hehehe. Mohon do’anya nawak-nawak semua semoga KHS bisa bertahan dan sukses dalam kawah candradimuka 45 hari ini…hehehe.

Maturnuwun.

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5683 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

13 Comments

  1. waah….sepertinya kita bersamaan waktu itu ikut pendidikan. aku ikut yg 2 bln, selesainya 5 juli 2013

  2. Tolong siswa a.n drh harry setiawan ,post tyfoid n riwayat dispepsia ,obatnya ktgalan drumah,skrg kondisi lg nyesek perutnya tlg dtindak lanjuti,sdh k poliklinik tp tdk ada solusi,obat yg biasa di konsumsi omeprazol dan vitazym

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Megamendung IV : Pesan Kapusdik Baru, “Jadilan penyidik yang punya integritas”. | www.setia1heri.wordpress.com
  2. Met HBD ke-3 Milestone… | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..