10 jam bersama Argo Bromo Anggrek Pagi (Sby-Jkt)

indoor kereta api argo bromo anggrekSekedar coretan pengalaman naik Kereta Api Eksekutif Argo Bromo Anggrek Pagi jurusan Surabaya [Pasar Turi]-Jakarta [Gambir].  Hari senin (13/5) KHS bersama kawan-kawan SKPD Kota Surabaya berangkat menuju Bogor dalam rangka Diklat Penyidik PNS (postingan disini). Nah rute yang diperbolehkan yakni Surabaya-Jakarta via Kereta Api dan Jakarta-Bogor naik bus Big Bird. Senin pagi itu jam 07.00 KHS sudah standby di stasiun pasar turi Kota Surabaya. Oia bagi KHS ini merupakan pengalaman pertamax naik kereta eksekutif maklum selama ini seringnya nebeng  kereta Kertajaya kelas ekonomi atau sesesekali mencoba kelas bisnis kalau ke Jekardah…hehehe.

meja makan di kereta eksekutif argo bromo anggrek pagiJadwal kereta Argo Bromo Anggrek Pagi ini sebenarnya jam 08.15 namun sebelumnya ada pembekalan terlebih dahulu dari panitia BKD Kota Surabaya. Tepat pukul  08.15 kereta api beringsut meninggalkan culoboyo yang bergerak cepat menuju ke barat.  Untuk jadwal pagi Argo Bromo Anggrek hanya 3 stasiun besar yang  disinggahi yakni Semarang Tawang, Cirebon, Jatinegara dan terakhir Gambir, Jakarta.  Meskipun begitu kecepatan kereta menurut KHS biasa saja karena kadang-kadang ditengah jalan tarikannya agak tersendat-sendat seperti remnya terinjak.

sawah dari kereta apiFasilitas di kereta eksekutif ini tentu sangat berbeda dengan kelas bisnis apalagi kelas ekonomi. Dari sisi ketersediaan toilet dengan airnya sangat terjamin meskipun kadang kebersihannya kurang diperhatikan. Fasilitas lain ada tempat duduk yang bisa diputar 180 derajat, tv kereta api (gak ada suaranya seperti bisu meskipun film2nya bagus dan video music) serta ketersediaan tempat meja makan yang terselip disamping tempat duduk.  Selain itu juga tersedia colokan listrik didekat masing-masing tempat duduk sehingga penumpang tidak berebutan untuk ngecharge gadget mereka.

jadwal kereta api eksekutifBerhubung perjalanan cukup lama dan membosankan maka KHS seringkali jenuh dan tertidur diperjalanan.  Keuntungan naik kereta api pada siang hari tentu kita bisa melihat beragama pemandangan di sekitar rel kereta api. Kita bisa melihat persawahan dengan tanaman padi yang menghijau, rumah-rumah khas pedesaan yang membawa kedamaian, melihat rindangnya hutan-hutan tropis serta bisa melihat sekilas Laut Jawa saat melalui Semarang.  Maklum kenangan dahulu ketika masih wira-wiri  Jakarta-Surabaya KHS selalu naik kereta sore atau malam sehingga pemandangan sekitar hanya gelap gulita kelamnya malam. Dan tahu-tahu pagi hari sudah sampai Jakarta ataupun Surabaya…hehehe. Mengamati pemandangan-pemandangan tersebut tentu membawa kepuasan batin tersendiri.

tv keretaBerhubung ini kereta eksekutif maka jangan berharap ada pedagang asongan yang berani masuk menjajakan jualannya.  Hal ini tentu berbeda dengan kelas bisnis dan ekonomi yang masih terdapat kelonggaran meskipun kadang masih harus kucing-kucingan dengan petugas keamanan. Jadi kalau kita haus dan lapar maka tinggal memesan kepada pramusaji yang selalu wira-wiri menjajakan baik makanan, minuman maupun oleh-oleh. Untuk masalah harga mamin tadi jangan kaget karena harganya lebih dari 3 kali lipat harga normal di pasaran.  Contohnya nasi goring harganya bisa Rp. 35.000 dan teh hangat menjadi Rp.6.000. hehehehehe..

monas malam hariTak terasa tepat jam 17.58 rombongan sudah sampai di stasiun Gambir Jakarta. Dan perjalanan ke Lemdik Reskrim Megamendung ditempuh dengan beralih naik bus Big Bird yang telah disewa sebelumnya . Perjalanan ke Bogor ini sekitar 3 jam karena memang  Jakarta sudah terkenal dengan kemacetannya…hehehe. Dan tepat pukul 22.16 kami sudah sampai di tempat diklat Megamendung dengan disambut dinggin udara pegunungan…hehehe

Maturnuwun

#postingan ini dikirim dari lokasi diklat Pusdik Reskrim Megamendung dengan sinyal yang timbul tenggelam.

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »