Motor ternyata jarang nongol di Rusia.

Moge di RusiaIni penuturan kawan KHS yang sudah 1,5 tahun tinggal Moskow tepatnya di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow. Kawan yang akrab ane panggil Gus Ulil ini ketika ane minta untuk menjepretkan motor-motor yang berlalu-lang di Rusia beliau mengungkapkan kalau perbandingan antara pengguna mobil dengan motor yakni 300 mobil : 1 motor. Itupun sangat sulit untuk menemukan motor itu sendiri.

Motor sebenarnya ada tetapi rata-rata Moge alias bukan motor cc kecil seperti layaknya di Indonesia. Nah ketika jalan-jalan liburan di taman sekitaran Moskow ini beliau sempat membidik Moge yang sedang parkir di pinggir jalan. Tepatnya Jalan Ordynka Bolshaya Moskow. Disinyalir banyak yang mengandalkan angkutan umum atau kereta bawah tanah atau metro untuk mobilitas warganya. Kata Gus Ulil dia bisa menjepret moge itu tadi merupakan sesuatu karena memang jarang sekali motor berkeliaran di jalan.

skutik di moskowBahkan Gus Ulil menambahkan bahwa se kantor KBRI yang jumlah pegawainya ratusan yang punya motor cuma 1 orang. Orang rusia itupun memakai motor pespa upluk dan sekarang katanya juga sudah tidak kelihatan lagi…hehehe. Ternyata memang sangat jarang sekali yang memakai motor sepertinya.

Gus Ulil ini merupakan alumnus Sastra Universitas Airlangga yang sekarang menjadi guru di SIM (Sekolah Indonesia Moskow) yang mengajar anak-anak usia SD hingga SMA. Beliau tinggal di apartemen yang jumlahnya 500 kamar dimana ternyata dari seribuan orang penghuni hanya 2 orang saja yang membawa sepeda motor skutik. Anehnya disini skutik dianggap sepeda sehingga tidak perlu semacam plat nopol gitu…hehehe.

Begitulah sekilas kawan kondisi dimana ternyata mocil alias motor cc kecil jarang berkeliaran di negara maju dimana tentu berbeda jauh dengan negara berkembang semacam negara kita. Motor yang ada kebanyakan moge-moge semua semacam Harley, BMW, Yamaha dan Kawasaki begitu inpoh dari Gus Ulil.

moge girl di RusiaMohon maap kalau postingan ini kesannya terlalu lugu, polos dan katrok bin ndeso karena mohon dimaklumi KHS belum punya pengalaman ke luar negeri…hehehe. Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5684 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

12 Comments

  1. cari ban yang traksinya paling yahud..abs laku nih..aspal licin licin kayaknya…yang demen slalom bisa buka lapak…

  2. Wah gak heran oom kan dingin banget….saya di N.Y seminggu juga cuma liat orang bawa motor harley 1x….lha kalau sudah dingin ya enakan motor disarungin aja di rumah jalan2 pake mobil yang ada heaternya…:-)

    • Yoi. Apalagi Moskow ini posisinya lebih ke utara lagi dibanding N.Y, pasti suhu dinginnya lebih ekstrim. Makin jarang lagi motor seliweran

  3. apakah ini imbas dari negara yg makmurkah atau memang harga mobil yg terlalu murah atau karena faktor iklimnya yg dingin sehingga langka rider motornya?

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Motor-motor disekitaran jalanan Makkah, Saudi Arabiya | setia1heri.com
  2. Ternyata di Swedia jarang ada motor (kata seorang kawan)… | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..