Surabaya Memory 2013 (Soerabaja Tempo Doeloe)

Surabaya Memory 2013

Kangmas dan mbakyu terutama yang ada di surabaya mari mengintip sejarah masa lalu Kota Surabaya dalam bingkai lensa. Dalam usianya yang sudah 720 tahun tentu dimulai dari rangkaian sejarah dan peristiwa ratusan tahun-tahun silam yang membuat Kota Surabaya menjadi Kota Metropolis seperti ini. Nah bagi nawak2 yang hobi melihat masa lampau atau sejarah tidak ada salahnya menengok acara Surabaya Memory 2013.

surabaya mendongeng di royal plazaSurabaya Memory 2013 diselenggarakan di Royal plaza-Hall Promo 15 mulai tanggal 30 April-5 Mei 2013. Acara ini diselenggarakan oleh UK Petra, Surabaya Memory, Goethe Institut,2013 tahun Pusaka indonesia, SMKN 12, Institut Francais Indonesia, ANRI (Arsip Nasional RI), C2O library & collabtive, YPPI (Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia), Baperpus kota surabaya, dan Yayasan Caraka Mulia. Tema pameran tahun 2013 ini yakni “Surabaya mendongeng”.

trem listrik jadoelSekilas Surabaya Memory adalah sebuah inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka (heritage) Kota Surabaya. Program yang dimotori UK Petra Surabaya ini diluncurkan pada HJKS (Hari Jadi Kota Surabaya) ke-708 tahun 2001 silam. Tujuan Surabaya Memory ini untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian Pusaka Kota Surabaya.

lambang kota surabaya jadulDi pameran kali ini ini kita bisa melihat kondisi masa lalu kota surabaya mulai dari peta-peta master plan kerasidenan surabaya, gedung-gedung zaman belanda, pasar seperti pasar turi dan wonokromo, PT. PAL zaman dahulu, Trem listrik, Kereta api , Sungai2 seperti Pegirian, Pelabuhan tanjung perak, masjid ampel Hotel Orange, Kembang Jepun, Jembatan Merah, peletakan Tugu Pahlawan oleh bung karno, Javasche Bank 1915, kantor pos, Societeit Concordia, Hotel Embong Malang serta sudut-sudut jalan yang ada di Surabaya.

pameran surabaya tempoe doeloeSelain disuguhi poto-poto jadoel diatas kita juga bisa melihat koleksi buku-buku dongeng yang dipajang disini. Terdapat juga poster-poster dalam bahasa prancis, dongeng2 dalam bahasa prancis serta didukung audio visual dongeng2 dalam bahasa prancis. Selain itu juga ada kreasi dongeng malin kundang dalam bentuk empat dimensi.   Serta lukisan futuristik dari siswa-siswa SMKN 12 Kota Surabaya.

Royal Craft Fair dan Surabaya Memory 2013Konsep pameran dilengkapi dengan ornamen layang-layang serta pohon-pohon tanpa daun sehingga menambah kesan alam dan keterbukaan pikiran. Monggo nawak2 yang punya waktu luang bisa menengok sekaligus belanja kerajinan warga surabaya dalam Royal Craft Fair yang digelar oleg Dekranasda Kota Surabaya.

Maturnuwun.

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

7 Comments

  1. wah boleh nih,cuma misalkan ditambah outdor seperti di MTD kayaknya bakal lebih menarik hehehe

Monggo dikomeng gans..