[RR] menuju Blogger Visit to AHM Factory

Blogger Visit to AHM FactoryKriiing….Kriiing…Tepat jam 2.50 alarm hape KHS berbunyi. Sabtu (13/4) pagi uthuk-uthuk itu kami harus segera bangun untuk prepare ke Cikarang dalam rangka Blogger Visit to AHM Factory. Mbah Wiro [nyobamoto.com] yang malam itu menginap di kost KHS mendahului bangun untuk mandi duluan. Mata ini sebenarnya masih ngantuk berat maklum jam 12 baru bisa tidur sehabis kopdarcol dengan Kang Gesang [tongkrongan biker.com].  Tetapi berhubung jadwal pesawat take off jam 06.00 maka maksimal 1 jam sebelum berangkat harus sudah ada dibandara Juanda.

ruang tunggu bandara juandaJam 03.40 kami sudah siap berangkat ke Bandara Juanda yang jaraknya sekitar 20 km dari kos KHS di Gubeng. Diseberang sana pak RT [Ridertua.com] juga mengabarkan siap berangkat meskipun dalam kondisi yang masih kurang fit. Ane sama Mbah Wir berangkat bersama Milestone menuju Juanda dengan kecepatan 30-40 km/jam yang berharap nantinya bisa Subuhan di tengah jalan. Dengan pertimbangan tertentu akhirnya disepakati sholat subuh di Bandara Juanda sekalian. Ternyata Musholla di Bandara penuh sesak karena bersamaan dengan jamaah umroh sehingga kami harus balik ke Masjid Bandara yang lebih luas. Ya lumayanlah jalan sekitar 300 km 🙁 .

pesawat sriwijaya airJam 05.00 ternyata pak RT sudah menunggu di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Juanda maka kamipun langsung masuk untuk boarding. Selesai boarding kami langsung menuju ruang tunggu yang ada di Gate 6 dan sekitar 30 menit kemudian akhirnya masuk ke pesawat Sriwijaya Air. Kami bertiga menempati kursi di nomor 15 A, B, C .  Tepat jam 06.15 pesawat Boeing 737-400 ini berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta. Pagi itu cuaca cerah sehingga kita bisa melihat birunya langit serta laut jawa yang terbentang serta penampakan beberapa gunung yang dilewati. Tak terasa perjalanan 1 jam 15 menit akhirnya kami mendarat di Bandara Soetta Cengkareng.

manajemen AHMJam 08.00 mobil dari AHM ternyata sudah menunggu maka kami pun langsung meluncur ke tempat acara yakni AHM Plant 3 di Cikarang, Bekasi.  Ane kaget ketika melihat kondisi tol yang lumayan lengang sehingga mobil bisa digeber hingga 100 km/jam. Maklum selama ini kalau ke Jakarta pas hari kerja sehingga jalan tol pun macet…xixixixi. Perjalanan 1 jam sehingga tepat jam 09.00 kami sudah sampai di AHM Factory yang disambut langsung oleh mbak Siska Daulika dan beberapa manajemen AHM…xixixi.

Berhubung perut sudah lapar maka pagi itu kami bertiga langsung sarapan yang telas disiapkan oleh tuan rumah. Disana ternyata blogger-blogger jakarta sudah datang duluan seperti mas IWB, TMC, arantan, stephen langitan, mitra, dll yang ane sendiri belum kenal semua. Selain blogger acara ini juga dihadiri oleh perwakilan klub/komunitas motor honda.

blogger kumpul di AHMJam 09.30 acara dibuka oleh pihak manajemen AHM, dilanjutkan dengan presentasi company profile serta jalan-jalan ke pabriknya langsung. Tepat jam 10.45 dilaksanakan plant tour  yang pesertanya dibagi 3 kelompok. Sebelum memasuki are pabrik maka setiap peserta dibekali kacamata putih dan masker agar safety  ketika jalan-jalan di area yang telah ditentukan. Oia masbrow terkait materi-materi presentasi yang disampaikan kemarin KHS bikin postingan terpisah aja karena nubi kudu belajar dulu…xixixi. Mungkin buat blogger senior itu hal yang biasa tetapi hal itu tidak  berlaku bagi KHS yang baru belajar dunia otomotif ini ..hehehe

pabrik hondaMelihat aktivitas perakitan langsung di pabrik honda ini membuat semua peserta terkagum-kagum. Dengan dipandu perwakilan dari AHM kami diberikan penjelasan terkait aktivitas masing-masing bagian di pabrik ini. Berhubung di plant 3 AHM Cikarang ini memproduksi matic dan moped tentu hanya dua motor diatas yang bisa kami lihat. Kebetulan yang kami lihat kemarin sedang memproduksi honda matic (lupa beat atau vario :- ( ).  Setiap proses perakitan cuma membutuhkan waktu 22 detik masbrow dan mbak sis. Jadi guyonannya membuat mie goreng itu lebih lama dibandingkan merakit 1 motor honda…wkwkwkwk . Setiap motor yang keluar dari perakitan maka langsung ditesride segala sesuatunya termasuk pengaturan tekanan, speedomenter, dll.

siap2 plant tourKami berputar-putar sekitar  satu jam setengah didalam pabrik. Kita melihat bagaimana para pekerja yang cekatan, prosedural, teliti dan memahami jobdisknya masing-masing. Kami melihat semua proses mulai dari bahan aluminium mentah, pengelasan, pengecatan, penempelan stiker (yang ternyata manual…xixixi) serta perakitan utuh motor matic ini.  Dan keseluruhan pekerja pabrik honda disini usianya masih muda semua atau mungkin seperti baru lulusan SLTA…hehee. Berhubung ketika plant tour  ini terdapat aturan peserta dilarang memotret selama jalan-jalan jadi tidak ada dokumentasi sama sekali…hiks.

gambar : kang TMC

Tepat jam 12.15 acara jalan-jalan dipabrik Honda yang tertata rapi dan bersih ini sudah selesai dan dilanjutkan dengan makan siang hingga jam 13.00.  Setelah makan siang dan istirahat maka acara dilanjutkan tanya-jawab antara pihak AHM dengan blogger. Pertanyaan yang disampaikan berkisar dari strategi marketing, teknis motor, bocoran motor baru, fitur Iddle Stop System hingga pertanyaan yang lugu dan mengundang tawa para peserta. Seperti yang disampaikan PBNJ dari Koboys yang meminta bukti kalau nanti ditanya habis dari pabrik honda. Akhirnya pihak AHM mengabulkan permintaan ini dengan membawakan chrankchase buat foto-foto…hehehehe. Pertanyaan yang lain hampir semua dijawab secara diplomatis oleh pihak AHM jadi sepertinya kawan-kawan belum puas…hehehe.

mejeng di AHM Plant 3Ditengah sesi dialog terdapat beberapa blogger yang ketiban doorprize mulai dari kaos, jaket hingga galaxy tab. Jam 14.30 acara dialog pun berakhir sudah yang diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta didepan pabrik AHM. Setelah itu dilanjutkan dengan acara test ride Honda Vario 125 CBS Idling Stop System (ISS) yang katanya irit ini di sekitaran lokasi pabrik. Hampir semua peserta mencoba menjajal varian Vario terbaru ini termasuk KHS. Untuk impresinya postingan terpisah saja ye…xixixi. [semoga ndak lupa 😀 ]

test ride vario terbaruJam 15.45 acara pun ditutup secara resmi. Berhubung kami dari Jatim memutuskan menginap maka kami difasilitasi oleh AHM untuk bermalam di AHM Training Centre yang ada di Sunter.  Setelah mengantarkan blogger-blogger seperti mitra, stephen langitan, dll di Cilandak Town Squre (Citos) maka mobil pun menuju AHM Sunter. Sekali lagi tol tidak separah dan sepadat ketika hari kerja sehingga jam 16.57 kami sudah sampai di AHTC ini. Enak ya kalau misal setiap hari seperti ini di Jakarta [ngimpi : mode on]

RT-Aa Ikhwan_KHSHari itu di AHTC ternyata ada beberapa peserta yang sedang training, kalau tidak salah dari Padang dan Pontianak yang sempat kenalan. Malam itu ane tidak kemana-sama pak RT karena kecapekan sehingga Mbah Wir saja yang sempat kopdarcol dengan mas Triyanto Banyumasan.  Bangun pagi jam 04.35 untuk sekalian sholat subuh dan dilanjutkan dengan prepare untuk ke Bandara Soetta lagi. Minggu (14/4) pagi jam 8 setelah mandi pagi dan sarapan nasi goreng kamipun menju Bandara Soekarno Hatta dengan naik taksi blue bird bertiga. Tak lupa kami berpose narsis dulu didepan gedung AHTC ini.

AHTC Sunter 2Meskipun jadwal pulang ini jam 10.45 tetapi kami jam 09.00 sudah sampai bandara untuk boarding.  Sekali lagi jalanan hari minggu itu sangat lengang sehinga ketika diperjalanan taksi bisa dikebut hingga 110 km/jam sampai limitternya terus-terusan berbunyi. Setelah boarding kami menuju di ruang tungu terminal keberangkatan 1B Gate B4. Wuih disana ternyata penumpangnya membludak ke area luar jalan karena ada beberapa pesawat tujuan Pontianak yang mengalami sedikit keterlambatan. Setelah menunggu sekian lama tepat jam 11.08 kami memasuki kembali pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan yang berbeda dengan ketika berangkatnya.

kunci Sinabung AHTCKetika perjalanan pulang ini mendekati bandara Juanda ternyata kondisi mendung tebal sehingga persis seperti naik mobil tetapi lewat jalan-jalan bergelombang. Mak gledek-gledek. Mungkin seperti itu analoginya. Alhamdulillah pesawat mendarat dengan sempurna tepat jam 12.35 meskipun sempat ketarketir dengan tragedi Lion Air yang terjadi di Bali sehari sebelumnya. Setelah mengambil barang dibagasi maka perjalanan kami lanjutkan ke rumah pak RT. Loh kok gak langsung pulang kang? KHS berinisiatif mengantarkan sendiri pak RT kerumahnya karena kwatir badannya drop lagi ditengah jalan. Selain itu bisa silaturohim di rumahnya yang ada di bilangan Bangil-Pasuruan. Tepat jam 14.30 kami sampai di kediaman pak RT yang dilanjut dengan ngopi dulu.

bandara soetta 1BJam 15.10 KHS mohon pamit karena harus bertolak ke Gresik tetapi kudu mampir Surabaya lagi karena barang-barang di kost an belum dikemasi. Maklum sejak hari kamis KHS belum pulang ke Gresik jadi bawaan barang menumpuk. Jam 16.45 bertolak dari kos-kosan dan nyampe rumah pas ketika terdengar adzan maghrib jam 17.45. Yah akhirnya bisa ketemu lagi dengan anak dan istri setelah 4 hari tidak ketemu…xixixi.

rumah pak RTNdak capek kang ? kalau di bilang capek tentu sudah pasti. Tetapi capeknya itu terbayar sudah dengan acara tatap muka dengan nawak-nawak blogger yang datang kemarin. Serta selain itu bisa langsung melihat cara kerja perakitan motor Honda yang dulu pas kecil cuma bisa bertanya-tanya kalau motor honda Astrea 800 punya mbah hinggi mantan sedang lewat disawah. Dimana yah pabriknya? gumam ane ketika waktu kecil itu. Yah ternyata angan-angan waktu kecil itu bisa terwujud setelah 20 tahun berlalu. Hehehehe. Terima kasih buat PT.AHM dan PT.MPM Jawa Timur yang telah memfasilitasi perjalanan Blogger Visit to AHM Factory ini.

Mohon maaf yah kangmas dan mbakyu kalau ceritanya agak ngelantur…xixix

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

9 Comments

9 Trackbacks / Pingbacks

  1. blogger visit to AHM factory : ketemu dengan banyak blogger :D | kankkunk - blognya nbsusanto
  2. Beda vario 125 dan Vario 125 ISS | www.setia1heri.wordpress.com
  3. Barang yang dilarang didalam pesawat [Prohibited Items] | www.setia1heri.wordpress.com
  4. Mark-up angka Speedometer itu diperbolehkan [?] | www.setia1heri.wordpress.com
  5. Silaturohim ke Kang Haji Taufik (TMC blog) sekaligus bersama kang Aziz (Warung DOHC). | www.setia1heri.wordpress.com
  6. Silaturohim ke Kang Haji Taufik (TMC blog) sekaligus bersama kang Aziz (Warung DOHC). | setia1heri.com
  7. Dapat misscall dari Sriwijaya Air, ada apa ya? | setia1heri.com
  8. Alhamdulillah ridertua sudah sehat gan… | setia1heri.com
  9. Puluhan Blogger dan Vlogger se-Indonesia kunjungi pabrik motor Honda di Plant Karawang tahun 2017 – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..