Nomor urut partai peserta pemilu 2014 dan tahayul dibelakangnya :-D

10 parpol pemilu 2014Sudah pada tahu kan kalau hari senin (14/1) Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan pengundian urutan nomor partai peserta pemilu 2014. Meskipun ditengah ‘gugatan’ partai-partai yang tidak lolos verifikasi factual dan admistrasi KPU tetap melanjutkan agenda tahapan pemilu. Dan urutan peserta pemilu 2014 yakni

  1. Partai Nasional Demokrat (NasDem)

  2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

  3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

  4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

  5.  Partai Golongan Karya (Golkar)

  6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

  7. Partai Demokrat (PD)

  8. Partai Amanat Nasional (PAN)

  9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

  10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

sumber : kompas.com

Ketika prosesi pengundian nomor hampir semua peserta berharap mendapatkan nomor 1 yang dianggap nomor hoki. Namun tahukah kita setelah pengundian berlangsung semua memandang ‘hoki’ atas urutan partai yang dipimpinnya. Mau tahu ? berikut komentar-komentar para petinggi yang ane himpun dari berbagai media massa online

  1. “Nomor 1 bagi kami adalah berkah. Kita percaya, meskipun ini bukan takhayul, bahwa semuanya itu sangat tergantung kinerja kita. Dengan nomor 1, Insya Allah ini menjadi modal kita untuk berkomunikasi dengan masyarakat,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto.
  2. “Alhamdulillah dapat urut nomor dua, nomor dua adalah lambang perdamaian. Yaitu Piss, lambangnya V, Jadi ini nomor kemenangan” ujar Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar kepada wartawan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) usai mengambil nomor urut, Senin (14/1/2013).
  3. “Nomor ini sesuai dengan target PKS dalam pemilu 2014 nanti bahwa PKS menargetkan perolehan suara tiga besar. Semoga nantinya target suara tiga besar tersebut bisa PKS raih di 2014,” kata Politikus senior PKS, Hidayat Nurwahid di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2013).
  4. “Nomor ini adalah bukti PDI-P selama ini konsisten memperjuangkan empat pilar kebangsaan. Itu juga pertanda kita menang di empat penjuru mata angin di Nusantara,” kata Sekretaris Jenderal PDI-P, Tjahjo Kumolo di kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1/2012).
  5. “Allah punya rahasia, manusia tidak bisa membaca. Nomor urut lima bisa jadi nomor satu. Kita kan tidak tahu, yang penting berusaha,” kata Ketua Umum Partai Golongan Karya Aburizal “Ical” Bakrie di kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1/2013).
  6. “Angka 6 berarti sangat besar bagi kami di tahun 2014. Partai Gerindra, lahir tanggal 6 Februari, dapat nomor urut untuk Pemilu 2014 nomor 6 dan pada 2014 genap berusia 6 tahun,” kata politisi Partai Gerindra, Rachel Maryam, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2013.
  7. “Ini bukan undian bukan klenik, karena itu angka tujuh yang kami syukuri. Kami yakin angka tujuh membawa berkah,” kata Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Anas Urbaningrum, kepada wartawan, usai pengambilan nomor urut di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2013).
  8. “Semua nomor buat kami adalah nomor bagus. Apapun nomornya Insya Allah itu pilihan terbaik yang diberikan dari Yang Maha Kuasa,” ujar Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Teguh Juwarnokepada merdeka.com, Jakarta, Senin (14/1)
  9. “Angka sembilan memiliki tempat khusus dalam umat Islam, dalam lambang NU ada bintang sembilan, penerus Wali Sembilan (Wali Songo) dan seterusnya. Ini tidak bermaksud takhayul,” kata Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy di Kantor KPU, Jakarta, senin (14/1/2013).
  10. “Kami harapkan perolehan suara Hanura pada Pileg nanti akan sama dengan produktifitas gol yang dibuat oleh Messi yang juga menggunakan nomor punggung 10,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Hanura Saleh Husein di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2013).

Semua perwakilan parpol sumringah ketika mendapatkan urut-urutan nomor diatas dengan segala penafsirannya. Mungkin tidak salah bila ada seorang kawan yang nyeletuk, “inilah cermin demokrasi togel” (kompasiana). Wis mbuhlah..semoga 10 partai ini bisa mereprensentasikan corak Indonesia dan kemenangan yang diraih nantinya bukan untuk kepentingan pribadi, golongan dan kelompoknya.

Akankah partai ‘golongan putih’ menjadi pemenang ? andalah penentunya kawan :mrgreen:

*dirangkum dari berbagai media online

baca juga :

[display-posts tag=pemilu-2014]

Comments

comments

22 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »