[Hati-hati] Obat Tradisional (OT) Bercampur Zat Kimia.

badan pom RI

Bagi nawak-nawak yang pernah atau suka mengkonsumi obat-obatan tradisional harap waspada dan hati-hati. Ternyata dilapangan tidak semua obat tradisional berbahan dasar alami tetapi ternyata ditemukan adanya unsur-unsur penambahan  zat kimiawi.  Informasi yang mungkin berguna ini sebenarnya sudah lama dipublis oleh Badan POM RI pada November 2012 namun begitu siapa tahu ada kawan-kawan yang belum tahu info penting tersebut.

Mengutip Siaran Pers Badan POM RI bahwa Obat Tradisional dengan Bahan Kimia Obat (OT-BKO) itu ternyata ada sekitar 29 OT-BKO jenis pada pengawasan hingga Agustus 2012 kemarin.  Bahan Kimia Obat (BKO) yang diidentifikasi terkandung dalam OT tersebut menunjukkan tren yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada kurun waktu 2001-2007 temuan OT-BKO menunjukkan tren ke arah obat rematik dan penghilang rasa sakit antara lain obat tradisional mengandung bahan obat Fenilbutason, Metampiron, Parasetamol, dan Asam Mefenamat. Sedangkan pada periode 2008 – pertengahan 2012 temuan OT-BKO menunjukkan perubahan tren ke arah obat pelangsing dan obat penambah stamina/aprodisiaka antara lain mengandung bahan obat Sibutramin, Sildenafil, dan Tadalafil.

Apa akibatnya ? Yang jelas dapat menyebabkan risiko bagi kesehatan bahkan dapat berakibat fatal bagi orang-orang yang mengkonsumsinya.  Obat-obat tradisional itu diantaranya obat pegal linu, rematik, asam urat, encok dan lain-lain.  Monggo pelototin daftar OT-BKO dibawah ini :

Obat Tradisional Bercampur Bahan KimiaObat Tradisional Bercampur Bahan Kimia 2

Sumber : SE BP POM RI

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5684 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

6 Comments

  1. cara membedakan antara jamu asli dan jamu gadungan:
    jamu asli sembuhnya agak lama, sedangkan jamu gadungan memberikan efek segera.
    contoh,
    minum jamu malam sebelum tidur, pagi hari langsung enteng (gadungan)
    minum jamu malam sebelum tidur, pagi hari agak mending (asli)

Monggo dikomeng gans..