Jenis Makanan Junk Food versi WHO

Istilah Junk Food atau makanan sampah kerap terdengar, namun jika ditanya apa kriteria dan jenis yang termasuk jenis makanan itu, hanya sedikit orang yang bisa menjawabnya.

Junk Food adalah jenis makanan yang diklaim tidak sehat (sampah) sebab banyak mengandung lemak, rendah serat, kalori tinggi, mengandung banyak garam, rendah nutrisi dan vitamin, dan berisi zat adiktif.

WHO (World Health Organisation) memasukan jenis makanan berikut ini dalam kategori junk food;

Gorengan
Berbagai jenis gorengan memiliki kalori yang tinggi, lemak dari minyak dan oksida pun tinggi hingga dapat menjadi penyebab jantung koroner. Dalam proses menggorengnya kerap terbentuk zat karsinogenik yaitu penyebab kanker.

Asinan
Proses pengasinan makanan menyebabkan jumlah garam yang dikandung makanan tersebut menjadi tinggi. Ini membuat kerja ginjal berat. Penyakit hipertensi juga mengancam dari konsumsi makanan jenis ini. Juga radang lambung dan usus.

Daging berlemak dan Jerohan
Jenis makanan ini tersangka nomor satu pencetus penyakit jantung.

Mie Instan
Kandungan garam yang tinggi, rendah vitamin dan mineral, menyebabkan mie instan masuk kategori junk food

Sajian manis beku
Misalnya berbagai jenis es krim. Makanan ini mengandung mentega tinggi penyebab kegemukan, kadar gula tinggi menyebabkan nafsu makan berkurang, juga karena temperatur rendah sehingga mempengaruhi usus.

Makanan yang dibakar
Makanan yang dibakar berlebihan, hingga terlihat bekas-bekas gosong dan hitam, sangat berbahaya sebab mengandung karsinogenik, pencetus kanker.

sumber : kaskus.com

baca juga :

[display-posts tag=sehat] [display-posts tag=makanan]

Comments

comments

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »