Inilah Cara Membedakan Bakso Babi dan Bakso Sapi

Akhir ini di media massa lagi rame membahas bakso yang berasal dari daging babi. Hal ini dikarenakan mahalnya daging sapi sehingga memicu para penjual bakso mencampur bahan baku pembuat bakso sapi dengan daging babi. Karena harga daging babi lebih murah dari daging sapi. Sekilas bakso babi dan sapi terlihat sama, demikian juga dengan teksturnya. Bagaimana cara membedakannya?

Bagi orang islam mengkonsumsi daging babi sudah jelas keharamannya namun kita menghormati orang lain yang memang suka daging babi. Sebenarnya tidak ada masalah ketika di warung bakso tadi dilabeli bakso babi sebagaimana sate babi yang ada di tempat-tempat yang lain sehingga masyarakat bisa memilih dan menikmati pilihan sesuai dengan keinginannya.

Bagi kawan yang ingin membedakan mana (pentol) bakso yang berasal dari daging babi atau daging sapi ada beberapa petunjuk ini bisa dipakai untuk acuan.

1. Aroma

Daging babi lebih berminyak karenanya jika dibuat bakso akan mengeluarkan aroma lemak yang tajam. Permukaan bakso juga lebih licin berminyak. Ini juga terlacak untuk jenis bakso daging sapi dengan campuran minyak babi.

2. Warna

Warna bakso babi dan sapi nyaris sama, putih sedikit merah kecokelatan. Tetapi jika dipotong akan terlihat warna daging lebih pucat. Warnanya agak merah muda dan bukan merah kecokelatan seperti daging sapi.


3. Tekstur

Bakso daging babi biasanya teksturnya lebih halus, lembut dan berminyak. Tidak kesat atau nyarus kering seperti bakso daging sapi. Juga tidak ada urat di dalam adonannya. Licin dan bersih.

4. Ukuran

Umumnya bakso daging babi berukuran sedikit lebih besar dari bakso daging sapi. Karena teksturnya lembut cenderung dibuat lebih besar.

5. Harga

Umumnya harga bakso babi lebih murah karena daging babi sebagai bahan utamanya juga lebih murah harganya. Jika bakso daging sapi harganya lebih murah bisa jadi dipakai campuran tepung kanji yang lebih banyak atau campuran daging babi.

Demikian kawan sekilas cara membedakan bakso babi dan bakso sapi, bagi yang doyan bakso babi monggo di sekecakaken tetapi bagi kawan-kawan muslim mungkin bisa dijadukan acuan untuk berhati-hati.

Sebenarnya kalau pedagangnya jujur tidak masalah mau jual bakso sapi atau bakso babi. Toh semua sudah ada pelanggan dan konsumen masing-masing. Nambah kerjaan polisi saja yang harus razia segalaโ€ฆhehehe

maturnuwun

sumber : food.detik.com

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3575 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

21 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mencicipi Bakso Solo โ€œRindu Malamโ€ Ciliwung Surabaya « www.setia1heri.wordpress.com
  2. Mencicipi Bakso Solo โ€œRindu Malamโ€ Ciliwung Surabaya | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..