Kanopi Motor [sebuah ide kreatif]


Bermula dari pengalaman pribadi yang sakit demam sehabis kehujanan maka muncullah ide kreatif dari salah seorang anak bangsa ini. Padahal ketika itu pencipta ide kreatif ini sudah memakai jas hujan alias mantel ketika mengendarai motor. Berawal dari kejadian inilah sang kreator memutar otak untuk menciptakan motor yang bisa melindungi dari panas dan hujan. Dan kreasi itu namanya kanopi motor.
Hariyanto Imadha begitulah nama sang kreator  motor kanopi ini.  kreator dari Bojonegoro yang tinggal di Tangerang ini memang tergolong orang yang unik dan kreatif. Kreasi motor kanopi ini mungkin bagi kita merupakan sesuatu hal yang asing. Jujur ane selama ini belum menemukan motor berkanopi  (bukan motor roda tiga lho…) dijalanan terutama Surabaya dan sekitarnya. Jadi motor berkanopi ini merupakan sesuatu yang baru dan kreatif sekali…. Meskipun sebenarnya keberadaan kanopi motor bukan hal yang baru diluar negeri seperti Jepang, China, Swiss, Italia, Jerman, dan lain-lain.
Awal menciptakan ide kretif ini ternyata ada tanggapan yang negatif maupun positif dari orang-orang yang bertemu. Tanggapan negative sering berkomentar,”mau buat jualan sayur ya ?”, tertawa sinis..ha..ha…ha, atau kata-kata bernada mengintimidasi, “kalau hujan ya tetap kehujanan pak ..”, bisa jadi Bajaj tuh.., “ Wah bahaya bisa celaka”. Sedangkan tanggapan positif seperti, “ wah kreatif sekali pak.., kalau panas terasa sejuk ya pak…, mantab…klo hujan gak kehujanan yah”.  Menghadapi beragam komentar ini tak menyurutkan langkah pak imadha untuk tetap berinovasi.
Sampai saat ini sudah sekitar 10 variasi kanopi motor yang telah dibuat. Mulai dengan harga paling murah hanya 250 ribu hingga yang harganya 5 juta. Sedangkan dari sisi kategori kanopi motor terdapat tiga kategori yakni Kanopi motor anti panas (bukan anti hujan), Kanopi motor anti panas dan anti hujan 50 % dan Kanopi motor anti panas dan anti hujan 100 %.  Dari sepuluh mode tadi sepertinya untuk motor jenis bebek saja baik yang standar maupun yang sudah dimodif roda tiga.
Selain kanopi motor, didalamnya bisa ditambahi aksesoris sendiri seperti  Tempat botol minuman ata gelas minuman, tempat MP3 player-speaker dan radio FM mini, Kotak obat, Tirai anti hujan di kanan-kiri motor, Meja lipat mini, Sandaran punggung untuk pengemudi dan atau pembonceng, Kanopi bagian belakang bisa dijadikan sarana promosi/iklan, Kompas biasa atau kompas kiblat, GPS, -Jam kecil yang bisa dipasang di setir/setang dan berbagai aksesori lainnya.  Menarik sekali bukan ?
Ide kreatif ini ternyata telah banyak mendapatkan apresiasi dan penghargaan.  Mulai dari Award dari Yayasan Citra Profesi Indonesia tahun 2011, Entrepreneurship UKM AWARD 2011, pernah dimuat di Tabloid “PELUANG USAHA” NO.18 tahun 2011, dan ditanyangkan di Acara Sang Kreator Trans7 April 2012 .
Ane sendiri belum paham bagaimana secara aerodinamika ketika ada hembusan angin saat hujan, atau keseimbangan motor ketika kecepatan motor digeber hingga banter (sampai berapa km maksimalnya..) dan  produk ini masih segmented untuk motor bebek saja. Namun begitu ide kreatif ini perlu di apresiasi setinggi-tingginya karena inilah karya anak bangsa. Tertarik mencoba dan memesannya, silahkan ke blog pak imadha tokoonline9999.wordpress.com .
Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..