Bleduk….berasap (konslet kelistrikan motor)

Ini kejadian nyata yang menimpa seorang kawan penyemplak pulsar di PRIDES online com.  Bermula keinginan untuk turing maka sore harinya dicuci steam (padahal katanya gak pernah begituan). Pagi hari ketika berangkat tidak ada masalah hingga 4 km berjalan terdengar suara ledakan…bleduk…dan keluarlah asap dari kanan/kiri batok.  Sang kawan menepi dan langsung meng-off kan stop kontak namun ternyata motor tidak mau mati alias menyala. Disisi lain asap semakin tebal maka untuk menghindari kebakaran lebih luas sang kawan dengan sigap menarik kabel-kabel yang mengarah ke batok pulsar.  Dengan dibantu sarung tangan yang juga ikutan meleleh akhirnya mesin mati  juga. Oh yes….lega.

Akhirnya dioperasilah motor dengan diagnosis ‘gegar otak dan cidera urat’ yang parah. Hal ini karena kabel arus listrik utama konslet, kabel2 variasi lampu dan klakson meleleh dan soket penghubung kabel di batok kepala pulsar ada yang leleh dan rusak. Namun begitu masih beruntung karena ‘otak sebenarnya’ alias BCU masih selamat.   Mengapa sampai terjadi konsleting ?


Menurut penuturan bapak dengan id POL hotsotpat ini bermula dari banyaknya beliau memasang aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan seperti klakson 2 macam sebanyak 4 biji, lampu led handguard, lampu tembak, lampu variasi listing dengan variasi relay, variasi lampu bahaya dan lampu rem dll.  Dan ini sebenarnya tidak masalah jika tidak karena salah pilih bengkel, asal pasang dan kualitas kabel yang jelek.

“Pemasangan ane lakukan di bengkel non beres deket rumah karena waktu ane tanya bengkelnya katanya bisa, dan  udah sering nanganin komunitas motor. Akhirnya karena kesemrawutan pemasangan kabel yang asal asalan dan pemilihan jenis kabel yang tidak sesuai khususnya untuk menampung aliran listrik ditambah lagi tidak rapinya penyususunan kabel min plus “ tutur penyemplak pulsar hitam dari Lumajang ini.

Kronologisnya, “Jadi kabel setrum berseliweran dari kanan kekiri dekat blok mesin….banyak kabel setrum dari beberapa komponen variasi dijadikan satu dan banyak juga yang njumper dari kabel kelistrikan ori pulsar….kualitas kabel jamper yang jelek….sehingga sewaktu habis dicuci kemudian dipake mungkin ada beberapa yang konslet dan menjalar yang lain dan banyak kabel strum variasi tdk dikasih sekring….hehehe kacau pokoknya…” ujar pak Camat  Yosowilangun  Lumajang ini.

Alhamdulillah operasi berjalan sempurna setelah 5 jam masuk kamar operasi. Dengan dipandu massegar Peterson (Prides Chapter Sidoarjo Online). Kabel-kabel bermasalah diurut dan diganti semua dengan jalur yang ditata rapid an kualitas kabel yang sesuai. Dan beliau berpesan, “intinya memasang variasi boleh-boleh saja tapi asal dipasang oleh orang yang tepat dengan peralatan dan bahan yang tepat. “

Kawan, demikian pengalaman brader pulsar yang hampir terbakar motornya karena konsleting ini. Mungkin bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk berhati-hati ketika banyak memasang variasi beserta kelistrikannya. Ane sendiri juga agak kwatir karena lumayan juga kebel berseliweran di batok maupun aki Milestone mulai dari led HG, klakson, carger hape dan carger GPS.

Tetap waspada kawan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan 😀

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3533 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

19 Comments

  1. sharing cerita juga… kapan lalu salah satu rekan pengguna pulsar 135 pernah sharing ke komunitas P1CS (Pulsar 135 Comunity Surabaya). koil starter yg posisinya di deket accu, terbakar tanpa peringatan…. menimbulkan efek seperti di double starter tapi ga bisa dimatikan juga, setelah accunya dilepas baru mati dech…. padahal motornya ga pake aseksoris apa2 lho… just sharing aja ya om…

  2. Pernah saya alam ketika, touring bareng….untungnya mesin langsung mati justru saat itu, ternyata gara-gara kabel klakson kapal konsleting.

  3. Lapooor: Kejadian juga nimpa ane gan,motor jupiter 115cc ane modif kiprok pke yg lima kaki,,,ampir dua tahun mantap g ada masalah,sekarang aja nih apesnya,semua lampu bleduk…lampu depan nyampe pecah.pokonya semua komponen listrik kebakar semua…awal mula pering bagian depan bawah di buka,pas cuci si seblok abiss tuuh bagian atas mesin yg sudah kebuka pelindungnya,alhasil berapa hari kemudian yaah seperti ini gan

Monggo dikomeng gans..