[Kronologi] blog ane kena suspend dari wordpress

Hari  kamis pagi (2/8) sekitar jam 6 ane iseng-iseng buka blog lewat hape.  Loh ternyata tidak bisa dibuka dengan adanya tulisan  “ This blog has been archived or suspended for a violation of our Term of Service ….”. Dalam hati wah kenapa blog ane sambil bingung.  Untuk memastikan maka ane pagi-pagi berangkat kantor untuk membuka blog tersebut. Alhamdulillah bisa dibuka tanpa ada kendala.

Sekitar jam 09.00 ane mendapat kabar dari kawan via fesbuk yang mengatakan kalau blog ane tidak bisa dibuka. Dalam hati ane mengatakan wah berarti ‘gejala’ tadi pagi benar-benar terjadi.  Berhubung masih ada rapat maka ane baru bisa membuka dan menanganinya selepas istirahat siang. Binung dan Binung… :mrgreen: .  Maklum selama belajar blog baik di blogspot maupun di multiply tidak pernah mengalami kejadian seperti ini.

Untuk memastikan blog ane memang tidak bisa diakses maka ane mencoba melihat di agreagator blog yang ane ikuti seperti indomotoblog.net. Ternyata benar disana ada tulisan  “Sebuah galat telah terjadi, umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti” . Mantaplah bahwa blog sederhana ane benar-benar bermasalah alias tidak bisa dibuka sama sekali.

Akhirnya ane mencoba mencari tahu  lewat mbah goggling. Mengapa sebuah blog di wordpress terkena suspend ?

Blog disuspend biasanya karena:

  1. Ada link affiliate semacam uangpanas.com, formulabisnis.com, dsb. Link-link seperti itu dipindai secara otomatis oleh WordPress.com. Dan yang dipindai bukan cuma postingan dan banner-banner, melainkan seluruh bagian blog Anda termasuk blogroll dan komentar.
  2. Blog ikutan kontes-kontes SEO. Ini juga dideteksi secara otomatis. Catat: Kontes SEO macam apapun tidak diperkenankan di WordPress.com.
  3. Ada link file berhak-cipta yang mana pemegang hak ciptanya bukan Anda.
  4. Blog Anda pasangi iklan.
  5. Ada postingan copy-paste.
  6. Blog nampak sebagai pemancing traffic untuk situs lain.
  7. Blog dijadikan lapak jualan.

Hukuman yang diganjarkan WordPress.com pada blog yang melanggar aturan kira-kira ada 3 tingkatan.

  1. Blog hanya dibekukan sementara. Pada kondisi ini dashboard blog yang ‘dibekukan’ masih bisa Anda akses. Maka, cari link semacam “contact us” dalam pesan peringatan di dashboard tersebut. Di dashboard ane terdapat tulisan sebagai berikut :

This blog has been deactivated because we believe it does not comply with the WordPress.com Terms of Service or advertising policy.

If your blog is designed to promote affiliate links, get rich quick programs, banner ads, consists solely or mostly of duplicate or automatically generated material, or is part of a search engine marketing campaign, WordPress.com is not the place for you. Please use the Export feature to move your content to a more appropriate hosting service.

Occasionally we make mistakes. If you believe we have misclassified your blog, please click here to contact us as soon as possible so we can fix the problem.

Di google translate :  :mrgreen:

Blog ini telah dinonaktifkan karena kami percaya hal itu tidak sesuai dengan Ketentuan WordPress.com Layanan atau kebijakan iklan.

Jika blog Anda dirancang untuk mempromosikan link afiliasi, mendapatkan program cepat kaya, iklan banner, terdiri semata-mata atau sebagian besar bahan duplikat atau secara otomatis, atau merupakan bagian dari kampanye pemasaran mesin pencari, WordPress.com bukan tempat untuk Anda. Silakan gunakan fitur Ekspor untuk memindahkan konten untuk layanan hosting yang lebih tepat.

Kadang-kadang kita membuat kesalahan. Jika Anda percaya kami telah kesalahan klasifikasi blog Anda, silakan klik di sini untuk menghubungi kami sesegera mungkin sehingga kami dapat memperbaiki masalah.

  1. Blog dibekukan permanen. Dalam hal ini dashboard blog Anda sudah tidak dapat diakses lagi. Silahkan coba mengirimkan permohonan ampun pada yang kuasa (hehe…) diiringi doa yang kenceng karena sesungguhnya pintu maaf sudah tertutup untuk Anda.
  2. Blog Anda dibekukan permanen DAN username (akun) Anda dinonaktifkan. Silahkan bikin akun baru. Tapi catat, klonengan Anda masih tetap diawasi sistem, jadi bersikaplah lebih bijaksana

Mengacu pada ‘kasus’ yang membelit ane maka mari kita ‘bedah’ satu persatu apa yang dimaksud. Mengutip dari ciekek.wordpress (karena kasus sama :-D) .

  1. Designed to promote affiliate links = Maksudnya blog tidak boleh dipakai untuk mempromosikan link afiliasi dengan mengarahkan pengunjung ke suatu halaman yang menawarkan layanan barang atau jasa melalui link rujukan anda.
  2. Get rich quick programs = Artinya hampir sama dengan sebelumnya, blog tidak boleh dipakai untuk mempromosikan link yang berisi ajakan cara cepat jadi kaya dari internet seperti uangpanas,com formulabisnis,com dan lain sebagainya
  3. Have banner ads = Memasang banner iklan
  4. Consists solely or mostly of duplicate = Blog terdiri dari atau sebagian besar berisi duplikat konten yang mempunyai hak cipta yang dilindungi undang2
  5. Automatically generated material = Materi tulisan dihasilkan secara otomatis (emang bisa gitu?)
  6. Part of a search engine marketing campaign = Ikut bagian dalam kampanye pemasaran sebuah mesin pencari, ini kayaknya nyinggung “wazzub”, mesin pencari baru yang katanya akan membayar para anggotanya yang mengajak anggota baru untuk gabung.

Awalnya ane ‘curiga’ dengan banner iklan soalcpns, teskompetensi dan tesTPA yang ada di samping blog.  Namun untuk memastikan apa penyebabnya hingga blog ane di banned atau disuspend maka ane mencoba berkirim surat ke pihak wordpress.  Langsung saja ane klik Contact Us diatas dengan isi tulisan sebagai berikut (copas juga dari ciekek.wordperss) :mrgreen:

Dear folks at wordpress.com
Could you tell me why my blog at http://setia1heri.wordpress.com is suspended?, as you can see that my blog dont designed to promote affiliate links, get rich quick programs, dont have banner ads, consists solely or mostly of duplicate or automatically generated material, or is part of a search engine marketing campaign. If I made mistake and violate your TOS I’m sory and If you let me know where the mistake is, I’ll fix it very soon.

Sekitar jam 13.00 ane berikirim complain diatas.  Harap-harap cemas karena menurut beberapa kawan yang mengalami hal serupa biasanya paling cepat 12 jam dari pesan dikirim. Namun begitu ane selalu tidak sabar dengan sesekali melihat hape apakah ada notifikasi imel masuk :-D . Dan penatian  ane terjawab sudah sekitar jam 18.00 ada sebuah imel dari Anthony Wordperss yang isinya sebagai berikut ;

Hi there,
Thank you for getting in touch.
Your site was flagged by our automated anti-spam controls. We have reviewed your site and have removed the suspension notice.
We greatly apologize for this error and any inconvenience it may have caused.

Anthony”

Serasa tidak sabar ane pun langsung membuka blog. Dan Alhamdulillah bisa terbuka secara sempurna.  Meskipun begitu ada beberapa kawan yang mengabari ane kalau tidak bisa membuka blog ane. Ane menyarankan untuk diketik secara manual saja www.setia1heri.wordpress.com . Alhamdulillah berhasil juga.  Oh yes:-D

Kalau mencermati imel diatas maka ane berkesimpulan kalau blog ane menjadi korban automated anti-spam controls. Hal ini yang menyebabkan blog ane di suspend atau deaktivasi oleh pihak wordpress. Hal ini juga terjadi terkadang komentar admin blog juga seringkali dianggap spam. Nah lo…Ane mengibaratkan mungkin kasusnya seperti itu.  Yah memang resiko blog gratisan …hehehehe :-D

Demikian kawan pengalaman kebingunan ane ketika blog ecek-ecek ini disuspend. Semoga lain waktu bisa lebih berhati-hati jangan sampai melanggar Term Of Service (TOS) dari wordpress sendiri. Dan terima kasih atas saran, masukan, perhatian, atensi dan segala bentuk dukungan kawan-kawan semua terhadap blog campur tahu ini :-D

Keep brotherhood and Bloggerhood :-D

 

referensi :

http://id.forums.wordpress.com/topic/solusi-blog-yang-kena-suspend?replies=147

http://ciekek.wordpress.com/2012/07/12/blog-wordpress-saya-terkena-suspend/comment-page-2/#comment-240

maturnuwun

baca juga :

[display-posts tag=blog] [display-posts tag=jatimotoblog]

 

Comments

comments

44 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »