About these ads
Home > Motivasi > 10 Langkah Mengembangkan Motivasi Diri dalam Bekerja

10 Langkah Mengembangkan Motivasi Diri dalam Bekerja

Tujuan tanpa motivasi, tidak akan menghasilkan apa-apa selain mimpi yang tak terwujud. Dalam pekerjaan misalnya, Anda harus bisa memotivasi diri sendiri untuk lebih maju dan menempati posisi kerja yang lebih baik. Pertanyaannya, bagaimana mengembangkan motivasi diri di lingkungan kerja?

  1. 1.    Tentukan Tujuan Anda

Jika Anda sedang mencari cara untuk mendapatkan motivasi akan sesuatu, Anda harus mempersempit tujuan dan mengatur jangka waktu yang realistis untuk mencapainya. Apabila memiliki beberapa daftar tentang hal-hal yang ingin dilakukan, cobalah untuk mengerjakannya satu persatu agar Anda bisa menjadi lebih fokus dan bersemangat untuk mencapai tujuan.

  1. 2.    Dapatkan Inspirasi

Apabila Anda ingin naik jabatan di kantor, maka cobalah untuk terus meningkatkan kinerja kerja dan selalu bertanya kepada senior mengenai segala hal tentang pekerjaan yang belum dipahami. Jadi sebaiknya teruslah berpikir tentang tujuan karir dan bagaimana cara meraihnya, sehingga Anda bisa lebih termotivasi dan bersemangat untuk lebih maju.

  1. 3.    Dapatkan Dukungan dari Orang Sekitar

Mendapatkan dukungan dari orang yang disayang baik itu keluarga, teman terdekat, maupun suami atau kekasih, merupakan hal yang sangat penting. Mintalah bantuan mereka untuk membantu Anda tetap di jalur yang tepat dan sesuai dengan tujuan. Jadi biarkanlah mereka mengetahui apa tujuan akhir Anda. Jika tujuan yang ingin dicapai oleh mereka sama dengan Anda, tak ada salahnya untuk sama-sama saling memotivasi.

  1. 4.    Membuat Komitmen

Ini adalah langkah yang sama dengan mendapatkan dukungan, namun langkah ini memerlukan komitmen dengan diri sendiri. Buatlah janji pada diri Anda, karena tak ada orang yang mau mengecewakan dirinya sendiri sehingga Anda bisa menepatinya.

  1. 5.    Mulai dari Langkah Kecil

Saat sedang mencari cara untuk mendapatkan motivasi, ingatlah bahwa Anda dapat berhasil jika mendekati tujuan yang ingin dicapai dengan mengambil setiap langkahnya mulai dari yang kecil. Misalnya Anda ingin pindah ke divisi lain meskipun berada di perusahaan yang sama, sebaiknya ketahuilah apa dasar pekerjaan di divisi tersebut. Cobalah untuk memahami pekerjaannya, setelah itu baru berusaha menguasainya.

  1. 6.       Fokus pada Tujuan Anda

Salah satu cara terbaik untuk motivasi mencapai tujuan yang diinginkan adalah berpikir secara matang. Jangan sampai Anda terobsesi tentang hal itu, tetapi bagaimana cara yang harus dilakukan dan fokuskanlah pada tujuan tersebut. Langkah ini dapat membantu Anda agar tidak kewalahan.

  1. 7.       Memahami Proses

Dengan adanya sebuah proses, Anda dapat terhindar dari rasa kewalahan dan frustasi. Anda secara otomatis akan termotivasi untuk mencapai tujuan dengan perkembangan secara bertahap. Hal ini membutuhkan waktu bagi seseorang untuk mengembangkan kebiasaan baru dan menjadikannya bagian dari rutinitas mereka. Jadi jangan mengharapkan keajaiban dalam hitungan detik. Beri diri Anda waktu untuk menyesuaikannya.

  1. 8.       Rayakan Keberhasilan Anda

Setiap langkah yang Anda ambil untuk mencapai tujuan itu sangat berharga. Segala perjuangan dan rintangan telah Anda jalankan. Jadi jika sudah mencapai puncak keberhasilan, maka Anda layak memanjakan diri untuk merayakannya. Berkat motivasi dalam dirilah yang bisa membuat Anda berhasil.

  1. 9.       Mengubah Pola Pemikiran Anda

Cara lain yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan mengubah pola pikir dan melihat kemungkinan hambatan yang akan dihadapi untuk mencapai tujuan. Jangan biarkan hambatan tersebut menjadi akhir dari segalanya dan menghentikan Anda untuk bergerak maju. Dengan mengubah pandangan tentang dua hal ini dapat membantu Anda merasa jauh lebih baik dan kembali fokus mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. 10.   Tetap Positif

Jika menjadi bos yang sukses dan berwibawa adalah impian Anda selama ini, maka teruslah berusaha untuk mencapai impian tersebut. Tetaplah berpikir positif dan jangan biarkan pikiran negatif menguasai sehingga menghalangi langkah Anda untuk mencapai kesuksesan. Berbagai macam rintangan pasti bisa dilalui asalkan Anda tetap fokus pada tujuan dan tetap termotivasi untuk mencapainya.

Sumber : wolipop.detik.com

maturnuwun

baca juga :

About these ads
  1. July 31, 2012 at 7:20 AM | #1

    ajib,..nice share

  2. July 31, 2012 at 8:42 AM | #3

    suwun mas inspirasine :D

  3. October 11, 2012 at 7:08 AM | #5

    bagus juga share’a….
    boleh dicoba thu:)

  4. December 28, 2012 at 2:43 PM | #6

    wuihhhh mantabbbb…
    thanks ya tips’a salam suksess selallu mas..
    :)

  1. September 11, 2012 at 7:45 PM | #1

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,474 other followers

%d bloggers like this: