Tentang iklan-iklan ini
Beranda > Modifikasi > Bukan Byson Biasa

Bukan Byson Biasa

Inilah komentar ane mencermati hobby seorang teman kantor yang doyan otak-atik motor Bysonnya. Bermula dari beli generasi pertama byson yakni November 2010 kemarin baru 3 minggu sudah ‘di obrak-abrik’ hingga kini. Berhubung ane tidak paham hal-hal terkait dengan motor dan modifikasi maka ane tulis apa adanya hasil obrolan beberapa waktu lalu. Cekidot…

Pertama kali yang dilakukan adalah gulung spull untuk memperbesar strum (kelistrikan biar besar). Semua masih standar dan spuyer. Selanjutnya, dilakukan kepras silinder head untuk memadatkan kompresi sehingga tarikan terasa lebih cepat. Dan ganti karbu PE28 dilemer 32 agar napas motor lebih panjang.

Ternyata tidak hanya berhenti disitu, eksplorasi berlanjut dengan mengganti piston tiger OV 200 dan ganti kampas kopling dan bubut magnet. Dan terakhir ganti piston scorpio izumi OV 50 plus klep EE racing yang mampu menyemburkan tenaga hingga 235 CC. Selain itu noken as juga ikutan dimodif.

Kok tahu 235 cc ? menurut cowok asal jember ini hitungannya seperti ini : Piston 72 = 36x36x3,14×57,9 : 1000 = 235, 620. Mbuhlah ane sendiri gak mudeng. Secara fisik dari luar memang tidak ada perubahan namun akan terasa beda ketika ditarik dan suara khasnya cc besar…hehehe. Untuk mengerjakan modifikasi ini ada beberapa bengkel yang disambanginya seperti Yamaha Center, HKU racing dan Jigijig racing. Oia sebelum menjadi 235 CC terlebih dahulu 198 cc ketika memakai piston tiger. :-D

Knalpot yang pernah nempel di byson putih ini diantaranya NOBI, standar modif, satria fu dan handmade RAR Racing. Sedangkan untuk tarikan jalanan baik kota-kota maupun luar kota yang pernah dijabanin yakni ‘melawan’ vixion, tiger, pulsar dan tentu byson yang masih standar.

Untuk urusan BBM, byson ini sejak beli hingga lima bulan berikutnya setia meminum shell super ekstra dengan konsumsi 1 : 48. Selanjutnya beralih hati ke Pertamina dengan menu pertama plus dan premium dengan komposisi 50:50. Dan menurutnya capaian perliternya sekitar 1:35.m

Terkait turing yang pernah dilakukan yakni Jogjakarta, Malang, Jember, Delegan dan beberapa kota lain. Dan untuk urusan topspeed doi gak berani geber diatas 130 km/jam…weleh…weleh…..mentok gas e pastine piro yo ? #tepokjidat. Rencana selanjutnya tutur byonic 012 regional Surabaya ini yakni mengganti Bearing As kruk Racing High Speed.  Panganan opo maneh iki? Hehehehe :-D

Monggo yang paham modifikasi dishare dimari….

Maturnuwun

baca juga :

Tentang iklan-iklan ini
  1. Maret 28, 2012 pukul 12:08 AM

    mampu menyemburkan tenaga hingga 235 CC

    mosok tenaga satuannya cc…maksudnya kapasitasnya to?

    Suka

  2. Maret 28, 2012 pukul 12:18 AM

    ganas bener tenagax melebihi scorpio 225cc :-) vixy182.wordpress.com/2012/03/27/spyshoot-bajaj-apa-lagi-nih/

    Suka

  3. kudalumping
    Maret 28, 2012 pukul 2:18 AM

    waladalah.
    Cukup extrim euy

    Suka

  4. Maret 28, 2012 pukul 7:41 AM

    masih aman dipake harian gak ya :?:
    *secara spek sudah tidak standar lagi

    Suka

    • Maret 28, 2012 pukul 8:37 AM

      sepertinya masih aman bro..hehehe
      emang dipakai harian kok :-D

      Suka

  5. Karis
    Maret 28, 2012 pukul 7:59 AM

    begghh…si pio saya kalah nih. Btw, ati2 tuh kegoda geber terus…bisa2 pendek usia mesin

    http://karisnsz.wordpress.com/2012/03/28/calon-skutik-itu-bernama-yamaha-soul-gt/

    Suka

  6. Maret 28, 2012 pukul 8:02 AM

    Daripada oprak-oprek kenapa nggak beli sekalian yang CC-nya gede aja ya? :D
    Dasar Orang Indonesia…

    Suka

    • boboy
      Maret 28, 2012 pukul 3:07 PM

      emang dah orang Indonesia mah aneh2 aja,,

      Suka

  7. Maret 28, 2012 pukul 12:05 PM

    edyannnnnnnnn, si kebo mung cukup ganti coil tiger, xixiixix

    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/28/kopdar-dengan-owner-honda-megapro-2005-22-hp/

    Suka

  8. Maret 28, 2012 pukul 12:14 PM

    Bengkelnya mana ney gan…
    Eksotis… Kebo ndanu…
    Siiip…

    Suka

  9. Maret 28, 2012 pukul 4:38 PM

    ajiib :D

    Suka

  10. crussackscube
    Maret 28, 2012 pukul 6:19 PM

    habis brapa.an yah,.?? :D

    Suka

    • Maret 29, 2012 pukul 12:22 PM

      belum nanya bro…yg jelas sudah diatas sejeti…xixixi :-D
      soalny modifnya bertahap :-D

      Suka

      • damhar
        Maret 29, 2012 pukul 5:33 PM

        hehehe.. diatas 5 juta juga iku mas,,,
        knalpot bikinan pinggir jalan aja paling nggak 350rb,,lha itu gonta ganti knalpot aftermarket ya sudah 2jutaan dewe lah

        Suka

  11. Maret 28, 2012 pukul 7:06 PM
  12. Maret 28, 2012 pukul 9:13 PM
  13. Maret 29, 2012 pukul 9:20 AM

    wualah…
    ngalahin kakaknya dong…

    Suka

  14. gerorogunso
    Maret 29, 2012 pukul 6:47 PM

    Keren modifnya tampang standar, mesin gahar!!

    Suka

  15. bmaster23
    Maret 29, 2012 pukul 9:58 PM
  16. Agustus 10, 2012 pukul 11:11 AM

    wah dah dioprek gitu kebonya he he,, keren mas bro, tapi utk jangka panjangnya gimana tuch.. o iya sekalian nitip peta buat yang mo mudik nih Mas bro, boleh ya :) http://www.jatger.net/2012/08/peta-jalur-mudik-lebaran.html

    Suka

    • Agustus 10, 2012 pukul 11:22 AM

      monggo..makasih ats sharingnya kang bro :-D

      Suka

  17. September 1, 2012 pukul 12:10 PM

    wah yang bener aja masak byson tun up 235 wih keren bgt kira” tu habis berapaya …???

    aku aja udah make nsr pe 28 sama r9 kok mlah lemot larinya n sering batuk berdahak gitu..!
    padahal aku hoby tourring..! apa harus ane setel seperti awal pake vakum

    MOHON SARANNYA

    oiya gan klo mw ikut (Byonic) cabang surabaya di mana ya n sarat x apa aja …??!!!!

    Suka

  18. juhai
    Oktober 30, 2012 pukul 8:38 AM

    Byson (gambar no4) klo gak pake TOPENG(kondom tangki) ternyata……… oh ternyata…..UNYUK.UNYUUUUK

    Suka

  19. ceperrr
    November 5, 2013 pukul 7:27 PM

    Penampakan head nya masih bwaan yg 150an…. 235?.. dlapis pke punya apa itu head…. ya hati2 aja lur msin nya bejad…..

    Suka

  20. abdul
    November 16, 2013 pukul 2:05 AM

    mav mw memperjelas.
    dr pertama seher tiger ov.200, trz ke 2 seher. pio ov 50,
    tp dlm hitungan langkah dan bore kok 72, brt 3x ganti piston, jd seher pio ov 200.
    seher sc.pio kan 70 mm. ?
    buat dana kayaknya dah bnyk banget thu. . ya mas bro?

    Suka

  1. Februari 8, 2013 pukul 5:32 AM

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.935 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: