Pelatihan ketrampilan untuk perempuan korban kekerasan

Bertempat di lantai 2 Aula Bapemas dan KB Kota Surabaya pada hari Selasa-Rabu , 20 – 21 Maret 2012 dilaksanakan pelatihan ketrampilan bagi korban kekerasan. Peserta pelatihan ini adalah perempuan korban trafiking, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan ESA (Eskploitasi Seksual Anak).  Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal ketrampilan bagi korban agar dapat berdaya dalam hal kebutuhan ekonomi.  Hal ini dimaksudkan agar korban tidak mengalami ketergantungan ekonomi terhadap pelaku. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Bapemas dan KB Kota Surabaya bidang Pemberdayaan Perempuan.

Pelatihan ini diikuti oleh 42 orang yang berasal dari dampingan  Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (PPT-P2A) Kota Surabaya, Pusat Krisis Berbasis Masyarakat (PKBM) yang ada di kecamatan-kecamatan, LSM Genta, LSM KPPD dan Hotline Surabaya.  Peserta dari beragam latar belakang dan pendidikan, serta mulai dari yang masih berusia muda hingga sudah berumur. Selama 2 hari tersebut peserta dilatih berbagai macam pembuatan kue-kue kecil yang mudah untuk dibuat dan dipraktekkan.

Bekerjasama dengan CV. Tristar Chemicals peserta dilatih untuk membuat beberapa jenis kue. Hari pertama peserta dilatih membuat kue Pepe gulung, Lumpur Vanila, Onde-Onde dan Pisang aroma coklat.  Sedangkan hari kedua peserta dilatih dengan membuat kue Bolu kukus mekar, Martabak mini, Kulit Lumpia dan Terang Bulan mini. Menariknya dalam pelatihan ini tidak hanya dalam bentuk resep materi dan tata caranya namun peserta juga diajak untuk praktek langsung.

Dipandu dengan 1 instruktur dan 2 pendamping  pelatihan ini berjalan dengan lancar. Semua peserta diajari bagaimana menyiapkan bahan-bahan kue, takaran, adonan dan juga bagaimana memasaknya. Terlihat wajah-wahah serius dan penuh konsentrasi namun juga tidak terlepas dengan canda tawa.  Secara keseluruhan pelatihan ini berjalan lancar dan semoga dapat menjadi bekal untuk peserta agar berdaya dalam hal ekonomi.

Mari wujudkan Surabaya Kota Peduli Perempuan !

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. International Woman Day: Yuuk Berkendara Stylish dan #Cari_aman bagi Perempuan - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..