About these ads
Beranda > informasi > Tahun kabisat euii…

Tahun kabisat euii…

Sudah tahu kan kalau tahun ini tahun kabisat? Kalau tidak tahu ya wajarlah karena memang  datangnya 4 tahun sekali. Tanda untuk mengetahui bahwa sebuah tahun dikatakan tahun kabisat yakni jumlah hari dalam setahun ada 366 hari dan tambahan 1 hari itu ada pada tanggal 29 Pebruari (gak tahu alasanya mengapa tidak ditambahkan pada bulan yang lain….hehehehe). :-P

Merujuk pada Wikipedia  Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366hari. Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik.
Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).

Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan sebagai berikut:

  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian (1582).

Wis embuhlah terkait dengan perhitungan sebuah tahun dikatakan kabisat atau tidak yang jelas setiap hari itu isinya siang dan malam saja..hehehe :-D . Dan setiap pekan selalu ada hari senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, sabtu dan minggu. Iya kan?

Bagaiamana kalau HBD nya tanggal 29 pebruari bro? ya itu uniknya. Kalau mau dirayakan sesuai tanggalnya berarti harus menunggu 4 tahun sekali….hehehe. Atau kalau bukan tahun kabisat ya harus ‘diakali’ yakni dilakukan sebelum atau sesudah tanggal 28 pebruari…xixixixi. :-D. Bukan begitu?.

Terkait keanehan atau kelebihan tahun kabisat selama ini tidak diketahui selain kelebihannya satu yakni lebih satu hari dari tahun-tahun biasanya.nah lo…

maturnuwun

sumber : wikipedia

About these ads
  1. Februari 29, 2012 pukul 4:33 PM

    bener2 lupa klo tahun ini kabisat, pantes pas isi tgl absensi mlh nulis 1 maret..

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.736 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: