Waspadalah musim hujan…

Setelah sebelumnya memperkenalkan 7barang biker saat musim hujan, maka pada postingan kali ini ane akan  mencoba menulis hal-hal yang perlu diwaspadai ketika hujan turun baik dalam intensitas sedang maupun lebat.  Hal ini agar terhindar dari kecelakaan atau hal yang tidak kita inginkan bersama. Mari kita perhatikan bersama kawan beberapa hal berikut :

1. Jalan licin

Ketika hujan turun tentu cengkeraman ban tidak sebagus ketika kondisi kering. Terlebih lagi jalanannya berupa jalan batu tentu harus lebih ekstra hati-hati lagi. Maka lebih bijak kalau kita kurangi kecepatan geberan gas kita.

2. Banjir

Ketika hujan lebat dan sungai/selokan  tidak bisa menampung volume air yang tinggi maka dipastikan akan menyebabkan banjir baik hanya sepergelangan kaki hingga setengah badan.  Maka perlu dipertimbangkan ulang untuk menerabas atau menunggu banjir surut.  Semua tergantung kondisi motor kita apakah sanggup tanpa kwatir mogok ditengah jalan.

3. Rel kereta

Sebenarnya ini ada kaitannya dengan nomor 1. Biasanya rel kereta yang melintasi jalanan kota sehingga kalau tidak hati-hati melintasi kita akan tergelincir. Kasuistik di Surabaya (Layang Wonokromo) seringkali banyak roda dua jatuh terpeleset yang menyebabkan cedera tentunya.


4. Jaga jarak

Ini perlu diperhatikan ketika riding dalam kondisi hujan deras. Pastikan jarak aman berkendara karena biasanya jarak pandang  sangat-sangat terbatas. Dan lebih safety kalau kita menyalakan lampu agar terlihat oleh pengendara baik di depan maupun di belakang kita.

5. Orang berteduh di bahu jalan

Biasanya ketika hujan banyak orang berebut untuk berteduh. Namun kadang seringkali mereka berteduh dengan memakan bahu jalan. Biasanya kondisi ini kita temui di bawah jembatan layang atau jalan tol yang dibawahnya ada jalan raya.  Hati-hati jangan sampai sruntulan kawan…

6. Macet.

Seringkali ketika turun hujan maka di beberapa ruas jalan terlihat kemacetan apalagi diperparah dengan kondisi stop light yang mati. Tetap smile dan hati-hati dijalan kawan… Atau kalau tidak tergesa-gesa lebih baik menepi di jalan…minum kopi atau teh penghangat badan di warung pinggir jalan.. 😀

Demikian kawan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika musim hujan atau lebih tepatnya hujan turun. Semoga berguna bagi kita yang sebagian besar waktunya habis dijalanan. maturnuwun.

gambar : jawapos

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3613 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

9 Comments

  1. Salam….
    Menanggapi HAL No. 3….saya sedikit kasih tips(soalnya saya juga pernah tergelincir diLokasi yang disebutkan)….jadi jangan sekali-kali menggunakan REM DEPAN, ketika melintas REL K.A. soalnya saya waktu itu salah menggunakan REM DEPAN karena depan mengerem, jadi sebelum melintas K.A ada baiknya Kurangi kecepatan..dan jangan sekali-kali mengREM DEPAN…ini sedikit tips dari saya, moga berguna… 😀

  2. tambahan tips dari seorang teman mekanik mas,saat musim hujan,kurangi sedikit tekanan angin ban biar bagian yang napak dengan jalan lebih banyak.
    *abis ganti angin ban tadi pagi dan diberitahu sama mekanik langganan*

1 Trackback / Pingback

  1. SEDIKIT TIPS JIKA TERPAKSA MENERJANG HUJAN (MENURUT VERSI SAYA)… « VALKYLA1723

Monggo dikomeng gans..