Tambah sip aja Oli Jepang ini…

Sebelumnya tulisan ini tidak bertendensi apapun apalagi berbau jajakan produk. Ini merupakan penilaian atau testimony subjektif seorang nubi yang tidak tahu menahu tentang dunia motor dan tetek bengeknya.  Seperti yang ane sampaikan beberapa waktu lalu bahwa ane mencoba oli pelumas FK Massimo dengan spek 20W 50.  Oli dengan harga 50 ribu perak perliternya yang tidak setiap toko menjualnya.

Awal-awal memakai pelumas ini memang tidak jauh berbeda impresinya dengan Oli Motul yang ane pakai sebelumnya.  Yup…susah netral. Tetapi selang tiga bulan memakai nya kok berasa beda yach. Ane sendiri malah bingung kok malah uenak begini ya…

Menetralkan gigi yang selama ini menjadi momok hilang sudah. Dahulu ketika lampu merah maka ane akan berjibaku untuk menetralkan gigi tetapi sekarang  mau nyungkit dari gigi 1 atau tekan dari gigi 2 silahkan saja. Lha uenak puoll…mak klik gitu…. Tanpa mengalami kesusahan yang berarti. Jujur oli-oli yang ane pakai sebelumnya tidak se-klik seperti ini.

Selanjutnya tarikan lebih mak nyus…terutama ketika digeber diatas 6 ribu RPM.  Maap ini hanya ocehan nubi yang tidak tahu menahu seluk beluk mesin…. Ane biasanya mengganti pelumas ini sebulan sekali atau sekitar 3000 km. Ane tidak tahu apakah angka sejauh ini kurang atau malah bagus.

Jujur juga ane tidak tahu spesifikasi lebih lanjut tentang oli yang biasanya sering dipakai mobil ini. Ane memakai pelumas inipun hasil rekomendasi teman-teman yang sudah memakai duluan. Mungkin setiap motor punya karakteristik dan kecocokan pelumas yang berbeda. Kalau anda pengguna pulsar 180 UG IV mungkin bisa dijadikan salah satu alternative…

Maturnuwun…

Comments

comments

Tentang setia1heri 5683 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

16 Comments

  1. Kang hery, coba cek di web deh : http://www.fklub.com/content/blogcategory/17/66/lang,indonesian/

    =================

    API : SM/ CF
    SAE: 20W- 50

    Fungsi :
    Digunakan pada mobil bensin yang ccnya besar, sedang dan kecil, mobil turbo maupun yang dilengkapi DOHC serta mesin diesel.

    JASO: APPROVED

    Keunggulan:
    Minyak multi Grade yang cocok untuk segala jenis mesin termasuk mobil turbo, mobil sport maupun mobil eropa. Memiliki kekentalan tinggi nomor 20W-50 dan dapat melindungi mesin dan tahan lama, serta dapat menjaga lapisan minyak dalam suhu tertinggi sekalipun.

    ==================

    Beda peruntukan kang! Itu oli mobil, ga disebut untuk motor. Di mobil oli untuk gearbox dan mesin pisah dan berbeda. Kopling mobil type kopling kering. Sedangkan di motor, gearbox, kopling & mesin memakai oli yang sama.

    Oli FK/Massimo khusus untuk motor disini : http://www.fklub.com/content/blogcategory/3/71/lang,indonesian/

    Coba bandingkan dengan ini : http://ew5.earlweb.com/recommendations.php?sector=2&category=25&subset=2795&modelyear=&vehicle=63110&site=41&region=59&language=7&brand=45

    Saya pribadi tetep pake Motul 😉 karena telah diuji dan direkomendasikan untuk bajaj pulsar 180. Mohon diteruskan info-nya ke pengguna pulsar. Thanks.

  2. Mang ga diragukan lagi deh oli fk. Kl ada yg minat bisa hub saya skdar nnya atw yg mau pesen oli fk silahkan di 08567221156

  3. FK/Super ini sudah JASO MA approved, jadi bisa untuk oli motor manual (dengan kopling basah). Jadi tidak benar apabila oli ini hanya utk mobil.

Monggo dikomeng gans..