Pelatihan Sistem Pendataan dan Pelatihan Pengelolaan Website Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)

Pelatihan Sistem Pendataan dan Pelatihan Pengelolaan Website Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)

Hari jum’at (7/10) ane mendapatkan perintah dari kantor untuk mengikuti Pelatihan Sistem Pendataan dan Pelatihan Pengelolaan Website Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA. Acara dilaksanakan mulai tanggal 9-12 Oktober 2011 di Hotel Milenium Tanah Abang Jakarta Pusat. Ane sendiri bersama teman berangkat minggu pagi (9/10) via Bandara Juanda dengan Garuda Indonesia.

Acara dibuka secara resmi oleh oleh Dr. Wahyu Hartomo selaku Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya data dalam mengambil sebuah kebijakan terutama yang terkait dengan usaha mewujudkan Kabupaten/Kota Layak. Kalau kawan-kawan kurang jelas apa itu Kabupaten/Kota Layak Anak? Silahkan kunjungi www.kla.or.id.

Peserta yang hadir terdapat 34 kabupaten/kota yang merupakan pilot project KLA.  Seinget ane yang sempat berkenalan dengan delegasinya ada padang pariaman, singkawang, manado, grobogan, malang, sidoarjo, tulungagung, blitar, kupang, dll. Materi pelatihan selama 4 hari 3 malam itu diantaranya  :

  1.  Manajemen data KLA
  2. Instalasi Software Devinfo
  3. Input Data KLA
  4. Pengenalan Website KLA (www.kla.or.id)
  5. Article/ News Writing Technical                         
  6. Article/News Uploading Proses
  7. Simple Picture Editing Technical
  8. Picture Uploading Process
  9. Movie/Video Editing Technical
  10. Movie/Video Uploading Technical
  11. Downloading technical
  12. Article/News Writing Technical
  13. Mailing List Porgress

Pemateri yang mendampingi selama pelatihan adalah Hamid Pattilima dari Yayasan Kesejahteraan Anak Indoensia (YKAI). Dan rutinitas sehari-harinya dimulai dari jam 8 pagi setelah sarapan hingga jam 9 malam. Oleh karena itu mengapa disela-sela latihan selalu diselingi ice breaking biar peserta tidak jenuh dan capek. Ice breaking diserahkan kepada kreatifitas masing-masing utusan daerah dengan tujuan utama mengusir kejenuhan. 😀

Ada dua materi utama yang disajikan dalam pelatihan ini. Pertama, instalasi dan penggunaan software DevInfo 6.0 (www.devinfo.org). Free Software ini dapat mengelola dan mempresentasikan data indikator KLA secara terintegrasi, lintas sektor, lintas wilayah georgrafis, lintas waktu dan lintas sumber data. Software yang dikembangkan oleh PBB ini seperti layaknya program database yang bisa menampilkan hasil olahan data. Data inilah yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan terkait KLA.

Kedua, mengapdet berita di website KLA (www.kla.or.id). Website ini merupakan salah satu alat komunikasi untuk melihat perkembangan pilot project kabupaten/kota layak anak di Indonesia. Target sampai tahun 2014 terdapat 100 KLA. Di website ini setiap kabupaten kota yang menjadi pilot project mendapatkan ruang masing-masing terkait berita daerah. Untuk mengapdet berita maka diperlukan keahlian-keahlian diatas seperti menulis berita, mengedit foto dan video serta mengaplodnya di internet.  Namun diantara keahlian diatas Hamid lebih menekankan kemampuan menulis berita. Berita harus menarik terkait usaha-usaha pemerintah daerah mewujudkan KLA, penulisan sesuai EYD serta terikat oleh etika-etika jurnalistik.

bersama bapak Hamid Pattilima dari YKAI (nomor 2 dari kanan)

Demikian kawan review singkat pelatihan di jakarta itu. Berkat adanya pelatihan ini ane bisa kopdarcol dengan teman-teman dijakarta (part 1, part 2, dan part 3). Selain itu juga bisa mencicipi sensasi naik Garuda Indonesia :-D.  Dan juga mencicipi wifi gratis di bandara soekarno hatta ketika hendak kembali ke Surabaya (InsyaAllah next posting). :-p

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »