Waspada di jalan kawan…

ktm indonesia

Waspada di jalan kawan…

Waspadai beberapa pengguna jalan berikut kawan . Tulisan ini tidak bermaksud menyudutkan apalagi menghakimi sesama pengguna jalan. akan tetapi lebih bagaimana menciptkan kondisi dan suasana jalan yang santun dan tertib di jalan. Walaupun banyak orang yang mencibir,”Aturan dibuat untuk dilanggar” atau “Masa bodho lah…”.  Tetapi sebagai orang yang sadar akan keselamatan diri dan orang lain marilah kita mencermati beberapa hal berikut. Tulisan ini berangkat dari pengalaman pribadi di sepanjang jalan seputar Gresik dan Surabaya…hehehe 😀

1. Becak

Kendaraan roda tiga ini adalah kendaraan sejarah. Maksudnya sebelum banyak wira-wiri motor (baru) mereka sudah mengaspal terlebih dulu dijalanan. Apa mungkin hal ini yang menyebabkan  ‘sok penguasa’ jalanan. Tidak semua memang abang becak arogan, ada yang tetep santun dan selalu memberi kode kalau mau potong jalan atau menyeberang.

 2. Angkotan kota/lyn

Sudah banyak kejadian kecelakaan yang melibatkan angkotan kota. Terlepas dari dari kejar setoran dan kejar penumpang, mohon sedapat mungkin pengguna jalan lain juga dihormati. Kadang jalan tidak jelas, mau disalip tetapi gak dikasih jalan. sedangkan kalau tidak disalip jalannya pelan-pelan padahal dibelakang sudah antrian panjang.

 3. Pejalan kaki

Bagi beberapa ruas jalan yang sudah ada jalan khusus pejalan kaki dan jalan penyebrangan mungkin tidak masalah. Tetapi ketika fasilitas diatas tidak terpenuhi maka kita harus ekstra hati-hati, kadang-kadang mereka menyeberang seenaknya tanpa memberikan aba-aba dulu.

4. Biker @l4y / ababil

Kalau ini tidak perlu banyak komeng. Ane pikir semua sudah paham dengan gaya zig-zag, speed tinggi kayaknya jalannya sendiri, mepet-mepet dan lebih parah lagi kadang tidak memakai helm. Penulis sendiri tidak munafik pernah melakukannya tetapi sekarang harus berpikir seribu kali terkait keselamatan bersama. Ternyata gaya ini juga pernah ane temui bagi pengguna mobil (kadang keluaran terbaru).

 5. Sepeda pancal

Kota besar terkadang memang tidak ramah bagi pemakai sepeda terutama ketika hari kerja. Motor dan Mobil kadang tidak memberikan kesempatan akses bagi pengguna sepeda ini. Namun begitu bagi penunggang sepeda harap berhati-hati dijalan, tetaplah dijalur tepi dan kalaulah mau menyebrang harus tetap melambaikan tangan sebagai kode. Selain itu, flash led tetap diperlukan terutama malam hari.

 6. Anak kecil nylonong boy


Hal ini biasanya terjadi di jalan-jalan kampung. Walaupun mungkin kecepatan rendah tetapi kalau tertabrak tetap akan menjadi masalah yang serius. Orang tua atau siapapun harap memperhatikan tingkah polah anaknya bagi yang mempunyai rumah dekat jalan terutama jalan raya.

 7. Truk Puso atau Tronton

Kalau ini sifatnya opsional. Kondisi ini terjadi di daerah pergudangan Margomulyo, Kalianak, Gersikan, Surabaya. Hampir setiap bulan selalu ada berita kecelakaan yang melibatkan truk-truk besar ini dan hampir sebagian besar korban (sepeda motor) selalu tewas terlindas. Sebagai informasi, truk-truk akan keluar gudang pagi jam 09.00 ke atas dan kalau malam diatas jam 20.00, sehingga biasanya pada jam-jam tersebut jalanan sekitar akan macet walaupun tidak sampai total.

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3704 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

4 Comments

Monggo dikomeng gans..