Safety gear set…

Safety gear set…


Sebagai rider yang dalam keseharian tidak bisa dilepaskan dari motor tentu keselamatan adalah hal yang utama. Selain kondisi motor yang harus prima, rider pun harus memperhatikan safety gear set-nya. Saya tidak tahu kapan memiliki kesadaran tentang keselamatan berkendara ini. Tetapi semenjak mengendarai Milestone dengan bobot 150 kg tentu saya harus berpikir ulang bagaimana kalau tiba-tiba jatuh atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu mengapa saya memasang Engine Guard (EG) beberapa waktu lalu untuk mengantisipasi kalau jatuh tidak menindih kaki saya dan juga blok mesin tetap aman.

Terkait safety gear set setidaknya ada beberapa hal yang wajib bagi seorang rider dan juga sunnah…hehehe, toh semuanya juga demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Berikut kawan beberapa safety gear yang selama ini ane dipakai ketika menunggangi Milestone ini.

1.       Helm Full Face

Pasti harus SNI sehingga jelas kualitasnya, biar aman kalau terjadi benturan. Kalau yang ini hukumnya wajib. Kalau tidak ya siap2 aja di TILANG (tapi kalo di jalan kampung kan gak ada pak pol..hehehe)

2.       Jaket

Biasanya jaket kulit atau jaket turing. Di usahakan yang ada protektor lengan.  Hal ini untuk melindungi badan dari angin, sengatan matahari, debu jalanan dan juga lecet-lecet kalau misal terjatuh.

3.       Sarung tangan

Ini bukan untuk gaya-gayaan seperti pembalap tetapi memang perlu agar pegangan ke komstir lebih ceket (mantab) dan juga melindungi tangan biar tidak lecet-lecet kalau misal terjatuh juga

4.       Masker

Hal ini untuk menghindari polusi udara di jalanan. Debu – debu yang tidak bersahabat yang sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pernapasan kita.

5.       Sepatu

Idealnya sepatu yang menutupi mata kaki sehingga akan melindungi mata kaki kalau semisal terjatuh. Karena masih belum punya ya sementara memakai sepatu kerja dan juga kets. Tetapi kadang-kadang masih bandel pakai sandal bahkan sandal jepit…xixixi

6.       Protector

Terutama protector lutut yang akan melindungi kaki-kaki kita. Kalau yang ini biasanya ane pakai kalau perjalanan yang jauh atau luar kota.

7.       GPS

Kalau ini sifatnya sunnah saja biar gak tersesat ketika perjalanan di pedalaman.

 

Demikian kawan beberapa safety gear set yang setidaknya perlu kita perhatikan untuk keselamatan berkendara. Lebih baik mahal sedikit membeli barang-barang diatas daripada suatu saat kalau kita kecelakaan justru biaya yang dikeluarkan LEBIH MAHAL. Selain itu, lebih baik ‘ribet’ sedikit menyita waktu sebelum berkendara daripada di jalan terjadi apa-apa yang membahayakan keselamatan kita.

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3614 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..