Kok indikator merah menyala ?

Kok indikator merah menyala ? Indikator pada dashboard Bajaj Pulsar 180 ug 4 menyala merah. Inilah kalau orang kalau gaptek dan tidak tahu menahu tentang seluk beluk motor, apalagi motor baru dan motor laki, apalagi juga motor indihe yang masih jarang dimasyarakat. Dulu ketika memutuskan membeli Bajaj Pulsar 180 UG IV a.k.a Milestone ini karena pertimbangan teknologi yang setahu ane BEDA dibanding dengan motor-motor  jepun lain. Teknologi dual busi, sein otomatis, dashboard yang nyala hingga indikator2 seperti aki, standar dibuka, hingga batas kecepatan.

Beberapa waktu lalu indikator di odometer nyala M E R A H, saya bingung bukan kepalang. Selama ini yang ane paindikator merah menyala pada bajaj pulsarhami indikator merah menyala kalau kita menggeber motor diatas ambang batas kecepatan yang telah ditentukan. Pakai gigi 2 dengan rpm 4ribuan kok nyala ? pikir ane apakah sudah kelewatan cepat? Akhirnya ane turunin tuch RPM…eh ternyata masih nyala juga….ya udah gigi dikurangi bahkan ane minggir bentar trus ane matikan tu Milestone.

Akhirnya celingak-celinguk bingung. What happen ? sembari lihat indikator digital bensin yang dah mo habis akhirnya mampir dulu di SPBU terdekat. Biasa jatah setiap satu minggu selalu minum 50 ribu perak atau sekitar 11.1 liter premium. Akhirnya ane starter lagi,…e ternyata indikator merah tidak nyala lagi. Ya udah gak usah dipikirin lagi.

Seminggu kemudian gejala yang sama muncul lagi. Ane bingung lagi, apa yang salah dengan motor ini?. Akhirnya nanya sales yang dulu ngejual ni PIBO yang juga seorang pulsar rider. Dari mas nanang saya dapat penjelasan, “ Iya mas, kalo indikator digital bensin menunjukkan atau tinggal 2 strip maka secara otomatis indikator itu akan nyala,” terang sales dari Bajaj Sidoarjo ini. Oooo akhirnya terjawab sudah teka-teki munculnya indikator merah menyala itu.

Dari itu semua ane mulai paham, bahwa indikator merah akan menyala disebabkan oleh 2 hal. Pertama, kita menggeber pulsar diatas kecepatan normal yang telah ditentukan dimasing-masing gigi. Kedua, ketika bensin akan habis (2 strip) juga akan menyala. Semacam memberi peringatan kepada penunggangnya….Boz…ane mo haus nich, mampir dan minum dulu bentar ya di SPBU terdekat….xixixixi

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

  1. Wah bener tuh, bru ĀĴªªªª kejadian,,, eh ternyata oh ternyata, si puki ( pulsar koki ) aus,,, hehehehe,,,

Monggo dikomeng gans..