salam satu suro…(s3)

Selamat Tahun Baru 1432 Hijriah ( Syuro)

Penanggalan islam memang berbeda dengan penanggalan Masehi.  Kalau penanggalan masehi memakai patokan perputaran matahari sedangkan penanggalan islam berpatokan pada perputaran bulan. Tentu setiap pergantian tahun harus kita maknai dengan penuh kearifan dan kebijaksanaan.

Mungkin secara kemeriahan akan berbeda dengan sambutan ketika tahun baru miladiyah, tetapi secara maknawiyah tentu berbeda karena setiap ummat punya cara tersendiri untuk memaknai pergantian tahun.

Sejarah mencatat bahwa patokan bulan hijriah tidak bisa tidak dilepaskan dari sejarah Hijrahnya Nabi Muhammad SAW beserta pengikutnya. Sebuah tonggak perubahan dari seorang insane dari jaman kegelapan menuju jaman pencerahan.  Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada jaman Khalifah Umar bin Khatab, yang menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah.

Banyak sekali peristiwa bersejarah pada bulan Muharram ini diantaranya :

Keistimewaan Bulan Muharram (dari berbagai sumber):

  1. Kelahiran Nabi Musa
  2. Lepasnya Nabi Musa dari Raja Firaun, bisa menyebaerang sungai dg selamat
  3. Di pertemukannya nabi adam dan siti hawa setelah mereka berdua sudah bertobat
  4. bebasnya Nabi Yusuf dari penjara
  5. kelahiran Nabi Ibrahim
  6. Lepasnya Nabi Ibrahim dari api  Raja Namrud
  7. lepasnya NAbi Yunus dari perut ikan
  8. Sembuhnya penyakit nabi Ayyub
  9. dll

terlepas dari mulianya bulan muharram, tapi ditanah Jawa bulan ini merupakan bulan keramat. Ya bulan Syuro ini kata beberapa orang adalah bulan uji coba segala macam kesaktian dan keilmuan klenik. Bahkan ada ritual-ritual yang khas kejawen seperti mencuci benda-benda pusaka.

Ndak nyangka juga teman sekantor nyeletuk, “ Jo lali jamasan keris  sesuk“ ( Jangan lupa cuci keris besok). Menjelang malam satu syuro….

Kalo disini gak lengkap kalo gak ditambah boyo

Jadi  S U R O B O Y O …..hahahaha

maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Gas tipis-tipis menuju Kopdar Suroan Jatimotoblog 2017 di Ngalam - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..